EventsNews

Yuk, Tadarus Online…!

formmit.org – Era digital seperti saat ini, jarak bukanlah persoalan lagi, karena cukup ‘klik’ maka sudut manapun di bumi bisa dijangkau dengan sangat mudah. Keberadaan ‘klik’ ini yang diperantarai oleh adanya jaringan internet sangat lah membantu tugas tugas kita sebagai makhluk yang selalu dinamis, memerlukan ruang gerak untuk aktifitas.

Peserta Tadarus Online
Peserta Tadarus Online

Manfaat tersebut hampir digunakan dalam setiap urusan, tak terkecuali di bulan Ramadhan ini, internet memainkan peranan penting untuk meningkatkan amalan amalan. Salah satunya adalah program tadarus online yang dilakukan oleh PCIM Taiwan dengan Formmit Tengah.

Tadarusan identik sekali dengan bulan suci ramadhan, karena hampir setiap muslim memiliki target untuk mengkhatamkan Al Qur’an. Tadarus atau membaca al Qur’an merupakan hal yang sangat erat dengan bulan Ramadhan meskipun di luar ramadhan pun di lakukan, namun euforia membaca Al Quran selalu meningkat pesat saat bulan barokah ini hadir.

Program yang diinisiasi oleh PCIM Taiwan ini, telah berlangsung cukup lama dengan diadakannya kelas Iqra dan kajian online semacam kelompok kelompok kecil (halaqah).

Ramadhan kali ini Formmit Tengah berkesempatan untuk berpartisipasi dalam mendampingi kelompok-kelompok tadarus tersebut. Tujuan dari program ini adalah sebagai media yang menjembatani BMI untuk belajar membaca Al Qur’an di sela sela kesibukan mereka dalam bekerja yang bisa dikatakan 24 jam dalam sehari.

Tentunya kesibukan kerja akan melalaikan dari membaca al Qur’an apalagi di bulan Ramadhan yang sangat rugi sekali jika kesempatan tersebut dilewatkn begitu saja. Namun, semangat ibu ibu peserta tadarus patut untuk diberikan apresiasi yang tinggi, pasalnya dengan kesibukan yang sangat tinggi tersebut, mereka masih bisa meluangkan waktu untuk mengikuti tadarus online dengan antusias. Meskipun sambil menjaga akong atau amah, sambil membuatkan susu, sambil memijit dan seabrek kesibukan lainya.

Kegiatan Tadarus Online
Kegiatan Tadarus Online

Program yang telah berlangsung hingga saat ini adalah tadarusan bersama setiap malamnya dimulai pukul 22.00, membaca Qur’an secara bergiliran dan dikoreksi bacaannya jika salah dengan tambahan penjelasan. Diakhir tadarus biasanya diisi dengan kultum atau tausyiah disertai pula diskusi ringan tentang persoalan puasa dan lain sebagainya.

Harapannya, melalui media seperti ini menjadi salah satu sarana belajar mendalami agama dan tambahan kemampuan (skill) bagi ibu-ibu jika nanti telah berbaur dimasyarakat tempat tinggalnya. Juga memberikan ruang gerak yang bebas bagi ibu ibu peserta sehingga tidak harus merasa malu dengan bacaannya yang kurang lancar ataupun lainnya. Untuk saat ini program tadarus yang berjalan baru terbatas untuk ibu-ibu, namun jika memungkinkan maka akan dibuka pula kelas untuk bapak-bapak yang ingin memperbaiki bacaan Al Qur’annya, karena program ini akan dilanjutkan tidak hanya berhenti di Ramadhan saja.

Semangat seperti ini semoga bisa terus menjalar, menular ke masyarakat lainnya khususnya masyarakat indonesia di Taiwan. Sehingga ramadhan tahun ini pun, meski kita sedang berada di wilayah yang minoritas muslim, jauh dari zona nyaman di kelurga kita, namun mengalami peningkatan dibandingkan Ramadhan Ramadhan sebelumnya. Mari sama sama ber’fastabiqul khoiraat’ dan mengaplikasikan Al Qur’an dalam kehidupan kita sebagai kelanjutan dari membaca al Qur’an yang kita lakukan setiap harinya.

Semangat Dakwah di bumi Formossa..!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *