Health

SWINE FLU Q & A’s

Is it transmitted by eating pork?

Tidak. Tak ada satu buktipun bahwa virus yang menyebabkan swine flu dapat ditularkan/ditransmisikan ke manusia melalui memakan daging babi atau produk-produk olahan babi. Jika daging babi dimasak dengan baik, maka daging tersebut tidak akan mentransmisikan virus, yang notabene dapat mati pada suhu sekitar 70 0C.

Menurut WHO, virus penyebab swine flu pada umumnya adalah subtipe H1N1, namun subtipe g (H1N2, H3N1 dan H3N) juga ada dan tersebar di sekitar kita. Virus babi H3N2 diduga merupakan virus yang pertama kali menginfeksi babi yang berasal dari manusia.

Namun hal yang patut diingat bahwa mengkonsumsi babi atau produk-produk turunannya dalam Islam hukumnya adalah HARAM, seperti tercantum pada Al-Qur’an surah 2 ayat 173, surah 5 ayat 3, surah 6 ayat 145 dan surah 16 ayat 115.

 

How do people catch swine flu ?

Orang yang terkena swine flu biasanya terinfeksi langsung dari babi yang sebelumnya telah terinfensi virus Influenza Tipe A dan juga dapat pula terinfeksi dari tempat-tempat yang terkontaminasi oleh virus tersebut. Selain itu juga ditemukan infeksi dari manusia satu ke manusia yang lain. Dalam kasus ini, infeksi dapat terjadi atau menyebar sama seperti flu biasa, lewat partikel-partikel yang ada di udara.

 

 

 

How long can an infected person spread swine flu to others ?

Seseorang dapat berpotensi menularkan virus tersebut sejauh orang tersebut masih mengalami gejala-gejala swine flu selama kurang lebih tujuh hari. Untuk anak-anak, waktunya lebih lama (*lebih dari tujuh hari).

 

What can I do to protect myself from getting sick?

1. Hindari kontak langsung dengan orang sakit.

2. Cuci tangan dengan sabun dan air, terutama setelah batuk atau bersin.

3. Selalu gunakan tissue untuk menutupi hidung dan mulut ketika batuk atau bersin, dan segera buang tissue yang telah digunakan tersebut.

4. Jika terkena flu, tinggal saja di rumah dan hindari kontak dengan orang lain. Hindari menyentuh beberapa bagian tubuh yang sensitif, seperti mata, hidung dan mulut untuk menghindari infeksi yang lebih parah.

 

What are emergency signs?

Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention), pada anak-anak, tanda-tanda bahaya (emergency) yang perlu penanganan medis sesegera mungkin, adalah sebagai berikut :

  • Bernafas dengan cepat atau kesulitan bernafas
  • Warna kulit kebiru-biruan
  • Tidak meminum cukup air/cairan
  • Sulit bangun ataupun melakukan interaksi
  • Sangat rewel
  • Demam disertai ruam-ruam di tubuh

Sedangkan pada orang dewasa, tanda-tandanya adalah :

  • Kesulitan bernafas atau bernafas pendek-pendek
  • Nyeri atau merasakan tekanan di bagian dada atau perut
  • Pusing secara tiba-tiba
  • Tidak dapat berpikir jernih
  • Muntah-muntah parah (dalam kurun waktu dekat; sering)

 

Are there available medications to treat swine flu?

Antivirus (antiviral drugs) dapat digunakan untuk mencegah virus bereproduksi di tubuh. Ada dua macam antiviral drugs yang dapat digunakan untuk menyembuhkan seasonal influenza, yaitu adamantanes (amantadine dan remantadine) dan inhibitor influenza neuraminidase (oseltamivir and zanamivir). Baca jurnal ini untuk mengetahui mekanisme kerja antiviral drugs tersebut dalam mengatasi virus influenza.

Namun perlu diketahui bahwa beberapa virus penyebab flu telah meningkatkan resistensinya terhadap antiviral drugs (Resistance Rates of Influenza A Viruses to Adamantanes Rise Rapidly), sehingga dapat membatasi keefektifan pengobatan dan chemoprophylaxis. Virus yang ditemukan pada kasus yang menginfeksi manusia dengan swine flu di US, cenderung sensitif terhadap oselatmivir and zanamivir namun resisten terhadap amantadine and remantadine. Untuk outbreak swine flu di US dan Mexico, telah direkomendasikan untuk menggunakan oseltamivir atau zanamivir untuk menangani dan mencegah penyakit tersebut berdasarkan profil virus yang diduga dapat menginfeksi.

Obat tersebut akan membuat pasien/penderita swine flu cepat merasa lebih baik dan membuat penyakit semakin “melemah” (milder). Selain itu, komplikasi serius juga dapat dihindari jika kita mengkonsumsi obat antivirus ini. Semakin cepat antivirus dikonsumsi, akan semakin cepat pula efek kesembuhan pada tubuh.

 

Is there a human vaccine to protect from swine influenza?

Belum ada. Hal ini dapat terjadi karena virus influenza dapat termutasi dengan sangat cepat, sehingga selalu saja virus yang telah tersebar, dengan vaksin virus yang dibuat, tidak “sejalan”. Vaksin flu terkini yang direkomendasikan oleh WHO belum dapat mengatasi virus penyebab swine flu.

 

Sources:

“Q&A: Swine Flu.” BBC News. 26 April 2009. Accessed 26 April 2009.

“Swine Influenza and You.” Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Accessed 26 April 2009.

“Swine Influenza Frequently Asked Questions.” World Health Organization. 23 April 2009. Accessed 26 April 2009.

 

Further Reading :

  1. SWINE FLU : Confirmed Worldwide incidents (http://www.abc.net.au/news/infographics/swine-flu-map/default.htm)
  2. Swine flu breakthrough: Scientists unravel genetic code (http://www.abc.net.au/news/stories/2009/05/09/2565352.htm)
  3. Pork industry is blurring the science of swine flu (http://www.newscientist.com/blogs/shortsharpscience/2009/04/why-the-pork-industry-hates-th.html)
  4. Facts about Pork (http://www.themodernreligion.com/misc/hh/pork.html)

 

 (*hana_nyan)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *