News

Semarakkan Ramadhan, FORMMIT Utaratu Adakan Kelas Bahasa Arab

10154493_871712829563297_1314175368834704351_n

formmit.org – Muslimun, musliman, muslimin.

Apa perbedaan ketiga kata tersebut?

Program Kelas Bahasa Arab FORMMIT UTARATU membantu menjawabnya. Bertempat di musholla kampus National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), Taipei, setiap dua hari sekali selama bulan Ramadhan, Saudara Hadziq Fabroyir (Ph.D candidate, NTUST) memberikan pemaparan tentang Ilmu Nahwu dan aplikasinya dalam Bahasa Arab. Peserta terbuka untuk umum, siapa saja boleh ikut serta dalam program ini.

Saudara Hadziq (kiri) sebagai pengajar sedang menyampaikan materi di Kelas Bahasa Arab
Saudara Hadziq (kiri) sebagai pengajar sedang menyampaikan materi di Kelas Bahasa Arab

Mahasiswa muslim dari negara lain pun sangat diperbolehkan untuk bergabung di program ini karena memang program ini menyediakan fasilitas triple bahasa yaitu English, Mandarin dan tentunya bahasa Indonesia.

Dimulai segera setelah mendirikan sholat subuh berjamaah, selama satu hingga satu setengah jam Saudara Hadziq membawa kelas ke dalam forum diskusi dan latihan bersama, dengan didahului penjelasan singkat sebagai pengantar.

Bagaimana mengenali isim (kata benda), fi’il (kata kerja), dan harfun (huruf); apa saja dan bagaimana membedakan jenis-jenis isim; apa yang termasuk ke dalam harfun; dan apa makna berbagai jenis isim hanya beberapa di antara materi utama yang diberikan di dalam kelas. Namun, tak jarang kelas membahas tentang sejarah kenabian dan tafsir ayat Alquran yang juga turut andil dalam memperkaya khazanah keislaman kita.

Sebagai contoh:

وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ

Mengapa harus ‘thairan abaabiil’ dan bukan ‘abaabiila thairan’ padahal secara bahasa sah-sah saja jika urutan keduanya dipertukarkan? Karena Allah memiliki maksud tersendiri, dan ilmu Nahwu, membantu kita dalam lebih memahami kalam-Nya. Menarik bukan?

“Sejak dulu saya pengen belajar bahasa Arab, Alhamdulillah sekarang bisa kesampaian. Karena malu saja, masa tiap hari baca al quran tapi nggak ngerti arti dan maksudnya”, ujar Fauzan salah satu peserta pelajaran bahasa Arab.

Program bahasa Arab formmit utaratu ini akan terus dilaksanakan sampai akhir bulan Ramadhan. Semoga bisa terus istiqomah mempelajari bahasa Arab.

Yuk, belajar Bahasa Arab! Bahasa Arab, bahasa Alquran. (septia)

Suasana belajar di Kelas Bahasa Arab
Suasana belajar di Kelas Bahasa Arab
11665414_871712959563284_6553517002582133330_n
Suasana belajar di Kelas Bahasa Arab

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *