News

Semangat Kebersamaan di Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu umat Islam di seluruh dunia, termasuk para pelajar Indonesia di Taiwan. Berada di negara di mana muslim bukanlah mayoritas, semakin meningkatkan semangat kebersamaan para mahasiswa muslim dalam menjalani puasa di bulan Ramadhan. Semangat tersebut ditunjukkan di antaranya dengan kegiatan sahur bersama.

Pada bulan penuh kemuliaan ini, para mahasiswa Muslim di National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) melaksanakan sahur bersama, yang dikoordinir oleh Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan Utara Satu (Formmit Utaratu) batch NTUST. Dengan membayar iuran sebesar NTD 350 per minggu, para mahasiswa mendapatkan makan sahur setiap hari, dengan menu-menu masakan Indonesia.

Setiap harinya, lima hingga enam mahasiswa dijadwal untuk menyiapkan makan sahur. Makanan dipesan dari Indosakura, salah satu toko dan warung makan Indonesia yang digemari mahasiswa di Taipei. Petugas piket bertugas mengambil makanan, menyiapkan buah dan teh (jika ada), dan membagikan jatah sahur kepada yang sudah memesan.

IMAG0010

Lounge dorm 3 NTUST mendadak menjadi ramai oleh pasukan sahur pada sekitar jam 2:30 hingga 3: 30 Waktu Taiwan. Makanan Indonesia, dan senda gurau bersama teman-teman, paling tidak bisa sedikit mengikis rasa rindu suasana Ramadhan di kampung halaman, khususnya bagi para mahasiswa yang baru merasakan Ramadhan pertama di Taiwan.

Bulan puasa kali ini, bertepatan dengan musim panas di Taiwan, dengan suhu berkisar pada 30-400 C pada siang hari. Puasa dimulai pada pukul 3:34 hingga pukul 18:45 Waktu Taiwan.

Selamat berpuasa, teman-teman. Semoga kita semua berhasil menjalani proses pendidikan Ramadhan untuk menuju pribadi yang lebih bertaqwa.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *