Reportase

Reportase Singkat Islamic Culture Exhibition 2013

Selama 1 minggu yaitu dari tanggal 12-16 Agustus 2013, Chinese Muslim Assosiation bekerja sama dengan Taipei Government mengadakan sebuah event bernama Islamic Culture Exhibition (ICE) 2013 di Banqiao. Event ini secara sederhana berusaha memperkenalkan kepada masyarakat Taiwan tentang Islam. Dan untuk mempermudah dalam mengenalkannya, kata culture lah yang dipergunakan disini. Hal ini mengingat bahwa masyarakat Taiwan dapat lebih ‘welcome’ menerima hal baru melalui pendekatan kebudayaan.

IMG_6837

Dan pada hari Kamis minggu lalu, tepatnya tanggal 15 Agustus 2013, beberapa perwakilan dari FORMMIT mengadakan kunjungan kesana. Konsep yang digunakan untuk event ini sebenarnya sederhana saja, yaitu menggelar beberapa booth/stand. Tiap booth dikemas dengan konsep yang unik. Ada lima booth yang tersedia yaitu booth pengambilan foto, booth lukis heena, booth makanan, booth kaligrafi, hingga booth baju muslim.

Booth pertama adalah booth baju muslim. Di booth baju muslim, pengunjung dapat mencoba beraneka macam baju muslim (gamis dan kerudung) dari berbagai negara. Penjaga booth juga tidak segan-segan membantu pengunjung dalam membantu mengenakan kerudung.

IMG_6850

Kemudian di booth kedua yaitu booth foto, pengunjung bisa mengambil foto diri dengan background Masjid. Tampak bahwa banyak yang berfoto setelah meminjam baju dari booth baju muslim.

IMG_6817

Yang ketiga adalah booth lukis heena. Di booth ini pengunjung dapat meminta tangan mereka untuk dilukis dengan ukiran-ukiran indah sesuai dengan permintaan pengunjung. Tim Formmit takjub ketika penjaga stand ternyata dapat melukis ukiran di tangan dengan sangat cepat dan apik hasilnya.

IMG_6854

Di booth keempat, yaitu booth kaligrafi, pengunjung dapat melihat aneka macam kaligrafi yang dibuat oleh masyarakat Taiwan. Selain itu pengunjung dapat melihat aneka macam guci bertajuk tulisan arab, hingga grafik perkembangan muslim yang ada di seluruh dunia. Bagi masyarakat di wilayah Indonesia khususnya bisa bangga bahwa Islam di wilayahnya ternyata mengambil posisi nomer 1 di dunia.

IMG_6822

Dan yang terakhir, ICE juga menyediakan booth makanan. Di stand disuguhkan dengan berbagai macam makanan khas Taiwan. Dan tentunya, yang membedakan makanan ini dengan yang  banyak beredar di pasaran adalah kehalalan dari makanannya. Jadi, muslim tidak hanya memperhatikan bahwa makanan itu enak, tapi juga harus memastikan bahwa makanan tersebut halal. Nah, dari kelima booth ini tampak bahwa booth baju muslim menjadi salah satu booth yang laris dikunjungi selain booth untuk foto.

Pada event ini pula, turut disuarakan rasa simpati teman-teman FORMMIT untuk saudara kita di Mesir. Beberapa teman memegang poster bertajuk #SAVEEGYPT dan #STOPMASSACRE. Hal ini mengingat bahwa selama beberapa hari ini, saudara kita yang ada di Mesir sedang mengalami penganiayaan pasca penurunan Presiden Mursi dan semua media bungkam (kecuali media muslim). Harapannya dengan poster ini, masyarakat Taiwan sekitar bisa tahu bahwa ada tindak penganiayaan yang terjadi di Mesir.

IMG_6805

(Nila Cynthia/Humas FORMMIT)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *