EventsNews

Rapat Kerja FORMMIT Kabinet “Aktif Progresif” : Langkah Awal Kami untuk Bumi Formosa

edit

Siang itu, suasana masjid At-Taqwa Dayuan masih terlihat sepi. Sepoi-sepoi angin menyejukkan raga yang tengah dipeluk panasnya sang surya. Masakan bu Hasanah menjadikan siang itu seolah-olah sempurna untuk mengawali Raker Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan 2013-2014.

Acara diawali dengan pembacaan tilawah oleh salah seorang gubernur, lalu dilanjutkan dengan pembukaan oleh Presiden FORMMIT, sambutan oleh perwakilan gubernur, dan doa yang dipimpin oleh Pak Sigit.

Presiden FORMMIT memberikan sambutan sekaligus membuka Raker

Defa yang bertindak sebagai MC memimpin acara dengan penuh canda tawa. Guyonan-guyonan renyah membuat suasana semakin cair. Presentasi pun dimulai, diawali dari Departemen Media. Kiswah dan Chiku sebagai perwakilan Departemen Media menjelaskan program kerjanya setahun kedepan. Saran dan masukkan mewarnai indahnya diskusi di siang hari itu.

Seusai Departemen media menyelesaikan tugasnya, presentasi pun diikuti oleh 8 Departemen lainnya dengan program kerjanya masing-masing. Terdapat 8 Departemen yang diwakili oleh masing-masing kepala departemen yang mempresentasikan program kerjanya masing-masing, yaitu :

  1. Departemen Litbang oleh Rico selaku kepala departemen
  2. Departemen Dana Usaha oleh Erli
  3. Departemen Humas oleh Nila
  4. Departemen kaderisasi oleh Yani
  5. Departemen Kemuslimahan oleh Dewi
  6. Departemen Keilmuan oleh Melyza
  7. Departemen SPM oleh Lilik
  8. Bendahara oleh Rany

Pemaparan demi pemaparan telah dilalui, hingga tak terasa matahari mulai membenamkan dirinya yang berarti waktu maghrib telah tiba. Kami pun berhenti sejenak untuk menunaikan kewajiban solat maghrib, makan malam, dan dilanjutkan dengan solat Isya.

Selepas menunaikan ibadah solat isya, acara pun dilanjutkan kembali. Acara malam hari ini adalah acara perkenalan. Maklum, kabinet FORMMIT dibentuk baru sekitar 1 bulan yang lalu dan belum pernah diadakan Rapat Darat, sehingga banyak diantara teman-teman yang belum saling mengenal.  Perkenalan menyebutkan nama, amanat, asal daerah, dan asal universitas. Gelak canda dan tawa membuat suasana semakin hangat hingga tak terasa waktu semakin larut, dan sampailah pada penghujung acara hari pertama.

“Allahu Akbar Allahu Akbar”. Adzan subuh berkumandang tanda Hari kedua dimulai. Para peserta Raker dengan sigap menyegerakan kewajiban menunaikan solat subuh dan Al Ma’tsurat. Diskusi hangat di pagi hari mengawali Raker di hari kedua.

Materi hari kedua adalah presentasi tentang FORMMIT wilayah. DIawali oleh Arman sebagai Gubernur FORMMIT selatan, dilanjutkan denga Ruzana selaku Gubernur FORMMIT Utada, lalu Adil selaku Gubernur FORMMIT Utaratu, dan diakhiri oleh Mas Erry selaku Gubernur FORMMIT Tengah.

Gubernur FORMMIT Utaratu menjelaskan proker wilayahnya
Gubernur FORMMIT Utaratu menjelaskan proker wilayahnya

Penjabaran demi penjabaran acara pun dimulai, korelasi kegiatan dan jadwal serta masukan-masukan lain menghiasai indahnya syuting (syuro penting) di hari kedua ini. Detail timeline pun dicocokkan hinga bentrok jadwal pun dapat diminimalisir.

Di penghujung acara, kami mendapat 3 momen istimewa. Yang pertama adalah Pak Sigit, penulis buku Risalah Cinta di Bumi Formosa. Beliau menawarkan Program AMBER (Ayo Membaca sambil Bersedakan). Barang siapa yang membeli buku RCdBF, secara langsung dia akan bersedekah.

Tamu kedua adalah pak Zul, selaku pihak PKPU. Beliau menawarkan kerja sama untuk menjadi Badan AMil Zakat di Taiwan dibawah lembaga PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat). PKPU sendiri adalah lembaga amil zakat yang sudah mendapat sertifikasi sebagai salah satu LAZNAS dari kementrian agama dan sebagai salah satu lembaga kemanusiaan yang telah disertifikasi oleh Kementrian SOsial.

Acara kami pun menjadi lengkap ketika kami berkesempatan untuk menjadi saksi dua orang anak adam yang hendak melaksanakan perjanjian yang berat. Subhanallah, Walhamdulillah, Walailahaillallah, Wallahu Akbar.

Semoga segala perbuatan yang kita lakukan menjadi amal ibadah yang diterima oleh ALLAH SWT, AMiin.

Dayuan, 22-23 Juni 2013

Nur Muhammad Malikul Adil

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *