Events

Pengajian Rutin di Dayuen

 

Agenda dari pengajian rutin ini adalah membaca surat Yasin bersama, kemudian dilanjutkan dengan kajian yang dibawakan oleh Ustad Setyabudi atau lebih dikenal dengan sebutan Pak Tya dari NCU Zhongli. Tema kajian pada saat itu adalah mengenai mujahadah dalam ujian untuk berjihad dijalan Allah, sungguh materi yang mampu menumbuhkan semangat untuk berjuang dijalan Allah.

Pak Tya membuka tema Kajian

Pak Tya membuka tema kajian dengan surat al-Baqarah ayat 246 sampai 251, beberapa ayat ini bercerita tentang kisah bani Israil yang berperang di bawah komando Thalut. Namun bani Israil ini unik, sebab mereka seringkali ngeyel, baik itu ketika akan dipilihkan pemimpin, ataupun ketika saat perintah berperang itu diwajibkan atas mereka.
Pak Tya menyebutkan bahwa berjuang dijalan Allah itu tidaklah mudah karena ada tahapan-tahapan ujian atau tantangan yang harus kita lalui, diantaranya yaitu :
1. Kedaerahan/ kesukuan
2. Kekeluargaan
3. Harta
Kemudian pak Tya memberi nasehat pada kami untuk mengutamakan Allah dalam hal apapun, mengutamakan Allah daripada kedudukan dan harta, dan mencurahkan sebagian besar waktu dan harta kita untuk digunakan dijalan Allah SWT. Materi ini sungguh menarik bagi kami(SPM FORMMIT, red.) dan para BMI yang mengikuti pengajian disana. Karena materi ini memberi peringatan pada kami agar selalu mengutamakan Allah di manapun kami berada. Semoga apa yang disampaikan oleh Pak Tya dapat kami amalkan dengan baik. Setelah materi selesai, dilanjutkan dengan makan-makan di warung mbak Nana bersama semua perserta pengajian.
Dari sini diharapkan rekan-rekan FORMMIT banyak yang datang dalam pengajian rutin ini, setidaknya harus ada yang mewakili setiap pengajiannya. Kenapa? Karena suami mbak Nana (laoban) adalah seorang muallaf dan kelompok pengajian ini baru terbentuk, sehingga butuh penggerak yang besar untuk dapat menarik massa untuk menghadiri pengajian rutin ini. Selain itu, karena dari total BMI yang ada disana masih sekitar 10% yang datang ke pengajian ini.  Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran dari rekan-rekan FORMMIT yang bisa meluangkan waktu untuk hadir, guna memperkuat ukhuwah dan semangat dakwah Islamiyah.
Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 142:
“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antaramu, dan belum nyata orang-orang yang sabar”
(Emy/SPM FORMMIT)

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *