EventsNews

Pembukaan kegiatan Creative Da’wah Digital Bootcamp FORMMIT “The first Creative Da’wah Digital Bootcamp in Taiwan”

Assalamu’alaikum

Sahabat-sahabat Formmit semua.

Alhamdulillah pada tanggal 24 Oktober 2020 kemarin Formmit resmi membuka Creative Da’wah Digital Bootcamp (CDDB) dan dilanjutakan dengan Webinar “Peran Generasi Muda dalam Da’wah Digital”. Pembukaan dihadiri oleh Pak Fajar Nuradi (ketua bidang perlindungan WNI dan pensosdan KDEI), Adi Kusumayadi (ketua PPI DK Asia Osiania), M. Muslih (ketua PPI Taiwan), para pemateri webinar yang luar biasa yaitu: 1) Ustadz Fatih Karim (Pendiri Cinta Qur’an Foundation & Cinta Quran TV),  2) Ustadz Nur Hadi Ismail (Founder dan Dewan Visual Muslim Designer Community), 3) Wahyu Rismawan (Co-Founder Yaumi Indonesia), peserta CDDB dan sahabat-sahabat FORMMIT. Antusias pelajar maupun PMI terhadap acara ini luar biasa.

Target awal untuk peserta CDDB yaitu 50 orang sedangkan yang mendaftar 101 peserta (terdiri dari perwakilan organisasi-organisasi islam di Taiwan, Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Taiwan, PPI Asia Osiania dan peserta mandiri). Insya Allah pelatihan ini berlangsung dari 24 Oktober 2020 sampai 29 November 2020, dengan materi terdiri dari Desain grafis, Videography dan Microblogging.

“Pembelajaran islam melalui media internet tengah diminati pada saat ini, sudah semestinya kita memberikan karya terbaik berdakwah melalui platform-platform digital ini. Inilah latar belakang hadirnya CDDB ini sebagai wadah untuk belajar dan explorasi kemampuan kita dalam dakwah digital” M. Fadhlan Afif ketua pelaksana CDDB.

“Kegiatan ini merupakan sarana bagi kita semua untuk menyeru kepada kebajikan dan melarang kemungkaran. Zaman sahabat senjata dakwah tertumpu pada stategi perang dan kekuatan fisik. 1500 tahun kemudian, dakwah tidak hanya fisik tapi merambah ke taknologi digital dan perang pemikiran.” M. Iqbal hanafri, ketua FORMMIT 15.

“Apapun cara yang bisa lakukan untuk menyebar kebaikan, dengan perkembangan zaman memudahkan kita untuk berdakwah sehingga kita bisa mengoptimalkan itu untuk kebaikan umat.” Pak Fajar Nuradi, ketua bidang perlindungan WNI dan pensosdan KDEI.

Pak Fajar Nuradi, ketua bidang perlindungan WNI dan pensosdan KDEI memberikan sambutan sekalian membuka acara CDDB

Setelah acara resmi dibuka oleh pak Fajar Nuradi, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi.

Ust. fatih Karim (Pendiri Cinta Qur’an Foundation & Cinta Quran TV) memberikan materi kajian kepada para peserta

“Teknologi sekarang itu dapat banyak menyebarkan kebaikan. Tergantung kitanya. Hidup ini pasti berubah, dulu ojek kita datang ke pangkalan, sekarang ojek yang datang ke saya. Dulu uang kertas, sekarang elektrik. Sebaik-baik bekal adalah takwa. Jadi kan dakwah digital untuk mendapat ridho dari Allah.” Ust. Fatih Karim.

Ust. Nur Hadi Ismail (Founder dan Dewan Visual Muslim Designer Community) sharing keilmuan.

“Meskipun pendidikan tidak tinggi, tetapi Ilmu itu harus tetap disampaikan. Jadikan media  dakwah sebagai ladang bekal kita nanti di akhirat” Ust.Nur Hadi Ismail

Kak Wahyu Rismawan (Co-Founder Yaumi Indonesia) sharing keilmuan

“Project dakwah harus diulas dengan profesional. Konsen pada problem, solving, pasar, target. Agar sustainable dan tepat sasaran. Gunakan platform sesuai tujuan kita, buat konten-konten kebaikan untuk mengubur konten-konten yang kurang baik. Contohnya tik tok.” Mas wahyu Rismawan

Demikianlah acara pembukaan CDDB, kami ucapankan terima kasih kepada para pemateri, tamu undangan, para peserta CDDB. Semoga tambah semangat untuk totalitas dalam berdakwah di platform-platform digitalnya. Semangat juga mengikuti kegiatan CDDB sampai akhir pelatihannya. Salam Ukhuwah.

ٱدْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِٱلْحِكْمَةِ وَٱلْمَوْعِظَةِ ٱلْحَسَنَةِ ۖ وَجَٰدِلْهُم بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَن ضَلَّ عَن سَبِيلِهِۦ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِٱلْمُهْتَدِينَ “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk” (Qs. An-Nahl;125)

Wasalamu’alaikum.

Comments

comments

One thought on “Pembukaan kegiatan Creative Da’wah Digital Bootcamp FORMMIT “The first Creative Da’wah Digital Bootcamp in Taiwan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *