Events

Organization and Leadership Training Pengurus FORMMIT Selatan

Selain dihadiri oleh pengurus FORMMIT Selatan, turut hadir pula Sekjen FORMMIT, pengurus beberapa organisasi TKI, seperti Hartono Beru (FKKBWIT, Tainan), Hariyanto (Gubernur IWAMIT, Kaohsiung), Abdul Rouf (Ketua MTYC, Chiayi), Taufik Mubarok (Presiden KMIT) dan beberapa teman TKI lainnya.

Menghadirkan Super Trainer TRUSTCO, Ir.H. Setyabudi Indartono, MM. sebagai pemateri, tentunya membawa daya tarik tersendiri bagi kegiatan ini. Mengusung tema besar “Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi Dakwah”, Ir.H. Setyabudi Indartono, MM. menyampaikan tentang pentingnya Beliau juga menekankan point-point penting bagi seorang pemimpin, yaitu mempunyai visi, komunikasi dan pemberdayaan. Adanya organisasi adalah karena ada visi dan misi. Di dalam visi terkandung nilai-nilai yang menjadi nilai-nilai dasar kita (-ideologi) yang ingin dikembangkan dan tujuan yang ingin kita capai. Sedangkan misi memuat hal-hal yang ingin kita kerjakan.


Selain visi dan misi, komunikasi dalam suatu organisasi juga merupakan hal yang sangat krusial. Komunikasi efektif, memuat hal-hal sebagai berikut : R (Respect), E (Empathy), A (Audible), C (Clarity) dan H (Humble). Inti dari komunikasi adalah apa yang disampaikan oleh communicator harus sama persis diterima maksudnya oleh receiver (orang yang diajak berkomunikasi). Untuk melihat sejauh mana komunikasi yang terjadi dalam suatu organisasi, dilakukan simulasi tentang “komunikasi efektif” dengan melibatkan seluruh peserta yang hadir. memahami potensi kepemimpinan diri masing-masing dan memahami bagaimana mengelola organisasi.

Setelah diselingi ishoma, sesi kedua mengenai manajemen organisasi, dilanjutkan.  Sang Super Trainer menjelaskan tentang pentingnya manajemen dalam tubuh organisasi dan hal-hal yang tidak boleh luput dari kita, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengontrolan dan supervisi. Acara ditutup dengan do’a dan foto bersama.

Dengan dilaksanakannya training ini, diharapkan dapat memperkokoh barisan dan memantapkan langkah para pengurus FORMMIT Selatan pada khususnya, serta para pengurus organisasi TKI pada umumnya, agar selanjutnya dapat memikul amanah yang diembannya dengan sebaik-baiknya. [Bunga Primasari]

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *