News

Musyawarah Kerja (Musyker) FORMMIT 15

Musyker FORMMIT 15

Assalammu’alaikum Wr. Wb. Sahabat FORMMIT dan rekan-rekan semua, Alhamdulillah pada Ahad (9 Agustus 2020) telah berlangsung Musyawarah Kerja (Musyker) Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan. Musyker kali ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena menggunakan konsep Clustering. Jadi, pengurus baik FORMMIT Pusat & Wilayah berkumpul di wilayah tempat tinggal terdekat (ada 6 wilayah : Utara Satu, Utara Dua, Tengah, Timur, Selatan Satu dan Selatan Dua), lalu terkoneksi secara online antar wilayah. Berdasarkan informasi yang turut serta dalam Musyker tersebut berjumlah 58 peserta dari 6 wilayah FORMMIT.

FORMMIT 15 juga menghadirkan departemen yang sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, berikut beberapa nama departemen yang akan berjuang tahun ini:

  1. Departemen Syiar & Da’wah : Berperan dalam pembinaan-pembinaan fundamental keislaman, seperti akidah, akhlak, fiqih, shirah, Al Qur’an, kajian dunia Islam, dsb. Target dakwah utamanya adalah mahasiswa dan masyarakat muslim Indonesia di Taiwan.
  2. Departemen Komunikasi & Media : Berperan dalam hal publikasi kegiatan dan dakwah kreatif dan inovatif, serta mengembangkan dan mengelola semua media sosial yang dimiliki FORMMIT. Target dakwah utamanya disesuaikan dengan tujuan dari setiap program yang dilaksanakan.
  3. Departemen Rekrutmen & Pembinaan SDM : Berperan dalam melaksanakan team building, pembinaan sumber daya manusia, pengumpulan data-data mahasiswa muslim di Taiwan, rekrutment mahasiswa muslim, dan pemetaan kemampuan atau potensi SDM di setiap Wilayah. Target dakwah utamanya adalah anggota dan calon anggota FORMMIT di setiap wilayah.
  4. Departemen Seni & Olahraga : Berperan dalam melaksanakan kegiatan yang bersifat seni dan olahraga, penguatan jasadiyah (fisik), pengembangan seni keislaman, memperkuat ukhuwah di seluruh wilayah Taiwan. Target dakwah utamanya adalah anggota FORMMIT dan masyarakat muslim Indonesia di Taiwan.
  5. Departemen Pendidikan & Ilmiah : Berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), sharing beasiswa, forum keilmiahan, dan menjalin berbagai kerjasama keilmiahan dengan lembaga-lembaga formal baik dalam maupun luar negeri. Target dakwah utamanya adalah anggota FORMMIT dan masyarakat muslim Indonesia di Taiwan.
  6. Departemen Sosial & Entrepreneur : Berperan dalam kegiatan yang berhubungan dengan sosial kemanusiaan, seperti pengumpulan dana amal untuk bencana, zakat, infaq, dan shadaqah, membina hubungan dengan organisasi eksternal atau masjid baik yang bersifat produktif atau dalam rangka menjaga ukhuwah, dan berperan dalam pencarian sumber pendanaan internal, baik melalui kegiatan kewirausahaan, pencarian donatur atau infaq dari jamaah FORMMIT yang dapat direalisasikan melalui program-program tertentu. Target dakwah utamanya adalah mahasiswa dan masyarakat muslim Indonesia di Taiwan.
  7. Departemen Kemuslimahan : Berperan khusus dalam pembinaan, pengembangan diri dan rasa ukhuwah diantara mahasiswa muslimah. Target dakwah utamanya adalah mahasiswa muslimah dan masyarakat muslimah Indonesia di Taiwan.
  8. Departemen Muallaf Center : Berperan dalam syiar Islam dengan target dakwah utamanya adalah penduduk lokal Taiwan, Indonesia, atau warga negara lainnya baik dari kalangan pelajar atau pekerja yang belum memeluk agama Islam dan pembinaan keislaman untuk saudara-saudara new muslim/reverted muslim yang berada di Taiwan.

Agenda Musyker tersebut berlangsung dari pukul 09.00 – 16.15 Waktu Taiwan, dan beberapa masukan dari pengurus FORMMIT menjadi informasi berharga dalam mengarungi organisasi ini ke depannya. Acara ditutup dengan foto bersama secara online dan offline clustering wilayah. Semoga Musyawarah Kerja tersebut menjadi awal FORMMIT untuk terus berkarya di bumi FORMOSA, InsyaAllah. Wassalammu’alaikum Wr. Wb.

Note : beberapa foto kegiatan pada Musyawarah Kerja FORMMIT 15.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *