Reportase

Mari berbagi lewat aksi FORMMIT Mengajar

formmit.org – Hidup itu adalah perkara berbagi kawan, semakin banyak yang engkau beri maka semakin hidup dan banyak yang didapatkan. Hal ini bukanlah persoalan memberi karena ingin mendapatkan, mendapatkan pamrih karena apa yang telah dibagi, tidak samsekali. Namun sebagai muslim kita telah dijanjikan oleh Allah SWT, bahwa ketika kita bersyukur maka akan ditambah nikmat kita, pun sebaliknya saat kita ingkar dengan segala pemberian-Nya, Allah mengingatkan bahwa balasan yang akan diterima sangatlah pedih. Jadi bisa dikatakan bahwa memberi, berbagi, mendistribusikan apa yang kita miliki kepada orang diluar kita adalah wujud syukur yang sebenarnya. Syukur bukan hanya diucapkan dengan lisan lantas selesai, tetapi lebih tinggi lagi pengejawantahannya, yakni dengan berbagi. Apapun yang bisa dibagikan, maka bagikanlah, karena akan selalu ada berkah disetiap pembagian.

Dalam konteks kehidupan kita yang jauh dari zona nyaman, tak ada alasan untuk tidak berbagi. Semakin berbagi kita semakin mendekati ke jalannya orang orang yang memiliki banyak manfaat. Bukanlah sang teladan kita Rasulullah SAW mengatakan bahwa, jadilah sebaik baik manusia yang menebar banyak manfaat kepada manusia lainnya? Lantas kenapa kita harus menutup diri dan membatasi kemanfaatan kita. Banyak hal yang bisa kita bagikan kepada orang lain, tak melulu hanya materi, Disinilah peran kita sebagai seorang pembelajar (mahasiswa) untuk mencari titik acuan berbagi.

Banyak jalan menuju roma, begitupula banyak jalan untuk berkontribusi, membagikan materi, membagi jasa, maka bagikanlah. Ia akan menjadi pembawa barokah dalam hidup kita. Seorang pembelajar maka membagikan dirinya lewat apa yang dipelajari, seperti yang telah berlangsung di Taiwan hingga hari ini, para pembelajar (mahasiswa) tidak hanya sekedar kuliah, dedikasi mengajarkan sebagai bentuk syukur atas nikmat kuliah di Taiwan adalah hal yang menjadi keseharian.

Melalui FORMMIT sebagai wadah yang menaungi, kontribusi lebih massif diberikan oleh para mahasiswa kepada pekerja-pekerja Indonesia yang di Taiwan. Menutup mata dengan kondisi lingkungan kita, bukanlah pilihan tepat. Sebaik dan seburuk apapun hasilnya, bukanlah persoalan, karena nilai-nilai mengajarkan, kecil atau besar akan menjadi pondasi penyusun pengetahuan orang lain, sedikit demi sedikit.

Formmit Mengajar8

Formmit mengajar adalah satu diantara kegiatan yang diangkat oleh FORMMIT Tengah untuk ‘ladang’ berbagi. Jargon ‘FORMMIT MENGAJAR’ dengan tagline berbagi lewat aksi’ menjadi brand yang harapannya bisa digunakan oleh semua struktur formmit wilayah hingga pusat.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja divisi pengabdian dan pengembangan masyarakat (P2M) di Formmit Tengah, menaungi dua program yaitu kelas belajar computer dan bahasa inggris. Program ini harapannya membantu meningkatan skill masyarakat Indonesia di Taiwan agar mereka memiliki bekal saat kembali ke tanah air, baik untuk memulai usaha mandiri ataupun lainnya.

Pembelajaran computer dilakukan setiap bulan disesuaikan dengan hari libur dan waktu kerja, sedangkan kelas Bahasa inggris dilaksanakan secara online via skype (2x sebulan). Grand launching yang telah dilaksanakan pada tanggal 7-8 desember 2015, disambut dengan antusias peserta.

Tanggal 7 desember 2015, launching kelas komputer dilasanakan di masjid Taichung, peserta yang hadir 9 orang dari 17 peserta, meski sedikit namun cukup antusias dengan keingintahuan pada beberapa software yang harus dimiliki untuk pembelajaran (Ms. Word, powerpoint dan excel) dan konsultasi ringan seputar laptop. Acara dimulai dari pukul 11.30-14.30 dan dilanjutkan makan bersama.

Dalam launching tersebut, tim pengajar menyampaikan beberapa teknis seputar kelas dan perkenalan dengan peserta. Kemudian dilanjutkan launching online via skype untuk kelas bahasa inggris yang dilaksanakan dari jam 22.00-23.30 pada senin 8 desember 2015.peserta yang hadir tidak hanya berasal dari Taichung, tetapi juga dari Kaohsiung dan Taipei. Sebanyak 16 orang dari 25 peserta hadir di launching online.

Formmit mengajar adalah kegiatan yang telah dan masih berlangsung di Formmit wilayah manapun dengan nama dan pola pengajaran masing masing. Namun jika seluruh kegiatan mengajar mahsiswa Formmit disatukan dalam brand ‘Formmit Mengajar’ maka semarak berbagi dalam pola belajar dan mengajar bsa saja menjadi lebih masiv dan tentu saja antusiasme meningkat. Karena mengenalkan lewat brand juga salah satu strategi ‘pemasaran’ kegiatan yang jitu. Lewat tagline “Berbagi lewat Aksi’, kita berupaya untuk memberikan kontribusi sebagai seorang mahasiswa, berbagi hal sekecil apapun, karena disanalah ‘lahan’ untuk belajar menjadi manusia yang sebenarnya, memberi manfaat untuk berusaha menjadi sebaik baik manusia. (U)

Formmit Mengajar2

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *