Events

LKAN (Lomba Karya Anak Negeri) 2011

Hari #2 LKAN 2011 (Minggu, 27 Maret 2011)

 

“Kuntum Khoiro ummatin” begitulah penggalan ayat Al Qur’an yang di sampaikan oleh Bapak Misbah dalam pembukaan LKAN hari ke-2 yang berlangsung di masjid besar Taipei. Bahwa kita semua (muslim) adalah ummat yang terbaik, dan sudah seharusnya kita menjalankan ibadah dan juga syiar, karena itu merupakan suatu rangkaian yang sangat penting. Menurut beliau ibadah dan syiar logikanya seperti isi dan bungkusnya. Ibadah merupakan isinya, dan syiar merupakan pembungkusnya. Kegiatan LKAN ini merupakan salah satu contoh dari syiar, semua syiar yang kita lakukan hendaklah diniatkan karena Allah agar menjadi suatu rahmat. Seperti sabda Rasulullah SAW “banyak amal di dunia yang menjadi amal akhirat karena bagusnya niat”.

Pada hari kedua ini, rangkaian kegiatan LKAN meliputi final lomba cerdas cermat Iqro’, Qiroah dan MC serta workshop pemakaian busana muslim yang sesuai syariat sekaligus lomba busana muslim, lomba penulisan cerpen, dan ada juga lomba menjahit masker. Peserta yang hadir tak kalah ramai dari hari pertama. Alhamdulillah acara berlangsung meriah dan lancar.

Tepat pukul 13.05 berlangsung final lomba cerdas cermat Iqro yang berlangsung di tempat yang sama dengan hari pertama. Sebelum final dimulai ada sedikit wacana mengenai tujuan belajar Iqro’ yang di sampaikan bu Yessi, yaitu supaya kita bisa membaca Al Qur’an dengan benar. Dan bagi yang sudah lancar membaca Al Qur’an berkewajiban untuk mengajarkannya. Finalis ini terdiri dari tiga group yang berhasil menyisihkan lawan di perlombaan hari pertama.

Workshop mengenai pemakaian busana muslim yang sesuai syariat berlangsung di ruangan samping masjid. Workshop ini dibawakan oleh Bu Ratna. Pada pembukaan workshop tersebut beliau menyampaikan Hadist riwayat Muslim bahwa “ Sesungguhnya Allah itu Indah, dan menyukai keindahan. Kesombongan adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain”. Ada dua point Yang dibahas dalam workshop. Point yang pertama yaitu perintah dalam Al Qur’an tentang busana muslim, dimana didalam Al Qur’an disebutkan dua hal terkait busana muslim yaitu Jilbab yang yang terdapat dalam surat Al Ahzab ayat 59 dan khimar yang yang terdapat dalam surat An Nuur ayat 30. Point yang kedua yaitu pesan Rosul dalam berbusana muslim yang meliputi, pakaian itu haruslah menutup aurat, tidak terlalau tipis sehingga tampak bayangan tubuh dari luar,tidak ketat, tidak menyerupai laki laki dan tidak menyerupai perempuan kafir. Setelah workshop, lomba busana muslim pun dimulai. Adapun kriteria penilaian dalam lomba berbusana muslim ini diantaranya adalah kesesuaian dengan syar’I, keserasian, dan kreatifitas. Sebelum perlombaan dimulai panitia membagikan aksesoris yang mana peserta tidak mengetahui bentuk asesoris tersebut sebelumnya dan aksesoris tersebut harus dipakai. Dalam perlombaan ini akan dipilih tiga pemenang beserta satu orang peserta favorit yang diperoleh dari perolehan suara terbanyak dari semua peserta LKAN sekaligus panitia.

Di waktu yang bersamaa dengan lomba berbusana muslim, di ruang kantin masjid berlangsung final lomba MTQ, dilanjutkan dengan pemilihan peserta favorit lomba berbusana muslim. Kemudian setelah jamaah shalat Ashar, masih di ruang yang sama dimulai final lomba MC, dari ketiga peserta yang terpilih masuk finalis dipersilahkan untuk menunjukkan kepiawaiannya dalam menjadi MC, setelah itu juri memberikan “tantangan” secara acak yang berisi bermacam nama kegiatan dan peserta diminta untuk menjadi MC sesuai dengan tantangan yang didapat.

Pada pukul 16.00, ba’da sholat ashar, lomba menjahit masker dimulai, ada pengantar yang disampaikan oleh Bu Jar mengenai bentuk masker dan point penilaian. Lomba ini dikuti oleh 18 peserta dan akan diambil 3 pemenang.

Untuk lomba penulisan cerpen beberapa hari sebelum acara LKAN para peserta sudah mengirimkan cerpennya ke mbak Tun Sriana, sehingga pada akhir acara diumumkan peserta yang berhasil menjadi pemenang.

Adapun para pemenang LKAN 2011 adalah sebagai berikut :

Lomba Cerdas cermat Iqro’ :

1st Grup 2 (Ayu, Titik Erwilin, Nurul Hidayah)

2nd Grup 1 (Wartiyah, Suprihatin,Umiyatun)

3rd Grup 3 (Murtini, Heni Kustianda, Siti Rodhiyah)

Lomba MTQ :

1st Wiyanto

2nd Siti Mutmainnah

3rd Fikri

Lomba MC

1st Ivan Hermawan

2nd Sukanti

3rd Khusnul Khotimah

Lomba Busana Muslim

1st Sartini

2nd Euis Nurmala

3rd Widyani N.F.

peserta favorit : Istinganah

Lomba menjahit masker

1st Ani

2nd Sumiati Anif

3rd Tika

Lomba menulis cerpen

1st Tina Yaneshawari

2nd S. Naryo

3rd Ririn Hariyanti

Selamat ya buat para pemenang.. buat yang belum bisa masuk daftar pemenang tetap semangaattt.. Selamat juga buat panitia dimanapun kita berada semoga kita tetap bisa berkarya dan bermanfaat buat orang lain. “khoirunnas anfa’uhum linnas”.. sebaik baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat buat manusia..HR Thabrani dan Daruquthni.[KMIT/BS-AR-RN]

 

source : www.kmitw.org

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *