Events

Kelompen Capir dan Reformasi Ide

babak final pun dimulai. Babak final ini berlangsung seru karena setiap kelompok semakin semangat untuk menjadi yang terbaik. Pertanyaan demi pertanyaan dijawab dengan antusias. Ada yang bisa terjawab dengan mudah, ada yang tak terjawab, ada pula yang menjawab padahal pembaca soal belum selesai membacakan soalnya sehingga pesertapun sempat bingung mau menjawab apa. Ajaibnya, jawaban yang dilontarkan ternyata betul.

 

Dari sekian soal yang diberikan, soal agama meliputi materi tentang akidah, fiqih, silsilah nabi dan rasul, dan lainnya. Sedangkan soal umum meliputi pengetahuan umum baik itu tentang nama tokoh, nama tempat, singkatan, dan lainnya. Salah satu contoh soal umum ini misalnya “Berasal dari manakah minuman bajigur?” Jika Anda adalah orang Jawa Barat, tentu tau jawabannya.

Setelah melalui pertarungan yang sengit, akhirnya babak final ini dimenangkan oleh Tim Anggur (Pak Adi dkk) dari Keelung sebagai juara 1, kemudian juara 2 diraih oleh kelompok Sakura (Mbak Ani dkk), sedangkan juara 3 diraih oleh Laskar Chiayi (Mas Udin dkk). Hadiahnya adalah piala, medali, sertifikat, dan sejumlah uang yang diserahkan oleh tim juri, yaitu Pak Udin Harun dan Kahlil (Sekjen FORMMIT), serta ketua pelaksana Pak Agus Putra. Esensi dari kegiatan ini adalah me-refresh kembali ingatan kita akan pengetahuan dasar keislaman yang mungkin sudah lama terkubur karena kesibukan memikirkan kuliah, tesis, disertasi, pekerjaan, dan kesibukan lainnya.

 

Tak sekedar soal dan hadiah yang disuguhkan dalam acara ini, namun ilmu yang dapat dipetik serta silaturahim yang terjalin. Semoga adanya kegiatan ini dapat memotivasi kita untuk terus mengevaluasi diri dan meng-upgrade pengetahuan keislaman kita serta menyampaikannya pada yang lain.

 

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat”. (Al-Mujaadilah:11)

 

Wallahua’lam. [Media/aRn]

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *