News

Gencarkan Dakwah di Taiwan, Da’i FORMMIT Selatan Lakukan Safari Ramadhan ke Duolio dan Chiayi

formmit.org – Puasa Ramadhan di negara minoritas muslim seperti Taiwan bisa menjadi pengalaman tersendiri bagi mahasiswa dan Buruh Migran Indonesia (BMI) di Taiwan. Sejak hari Kamis, 18 Juni 2015, umat Muslim di Taiwan menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1436H.

Guna memberikan sentuhan Ramadhan di Taiwan, Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan (FORMMIT) wilayah selatan mengadakan kegiatan SANLAT (SANtri kiLAT), hasil kerjasama dengan Keluarga Muslim Indonesia di Taiwan (KMIT), Pos Kemanusiaan Peduli Umat (PKPU) Taiwan, dan beberapa organisasi keislaman di Taiwan selatan.

Sanlat FORMMIT Selatan bersama KMWYIT Duolio di toko Sweniang, Taiwan
Sanlat FORMMIT Selatan bersama KMWYIT Duolio di toko Sweniang, Taiwan

Acara SANLAT ini diagendakan di beberapa wilayah Taiwan selatan seperti Yunlin (Duoliu), Chiayi, Tainan, Kaohsiung dan Pintung secara bergantian. Acara ini digagas oleh FORMMIT selatan sebagai upaya meningkatkan silaturokhim umat muslim di Taiwan dan menyemarakkan kegiatan syiar Islam di bulan Ramadhan. Kegiatan ini menjadi ajang silaturokhim dan bertemu muka bagi umat muslim Indonesia terutama yang tinggal di Taiwan selatan.

Ahad, 21 Juni 2015 bertepatan dengan hari puasa Ramadhan keempat, kegiatan safari Da’i FORMMIT Selatan dilangsungkan di kota Duoliu dan Chiayi, Taiwan. Berlangsung secara bersamaan, kegiatan safari Dai di kedua kota ini Nampak mendapatkan antusias dan sambutan hangat baik para mahasiswa muslim maupun BMI yang tinggal di Taiwan selatan.

Kegiatan SANLAT di kota Duoliu berlangsung di Toko Sweniang, Duoliu Yunlin Taiwan tak jauh dari stasiun Duoliu sehinga mudah dijangkau peserta. SANLAT di Duoliu dibuka oleh ketua Kerukuran Warga Muslim Yunlin Indonesia Taiwan (KWMYIT), bapak Sutrisno dan dilanjutkan dengan pemaparan oleh gubernur FORMMIT Selatan, Anggi L Wicaksana.

Tak kurang ada sekitar 20 mahasiswa dan BMI yang ada di Duoliu hadir dalam kegiatan SANLAT perdana ini. Dalam SANLAT Duoliu, terdapat materi “Hikmah Puasa bagi Kesehatan” oleh bapak Djunizar Djamaluddin, Siroh Sahabat “Umar bin Khaththab” oleh bapak Indra Kurniawan dan taushiah “Mengapai Taqwa dengan Puasa” oleh bapak Asiandi Achmad.

Acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama Dai FORMMIT Selatan dan KWMYIT serta peserta yang hadir hingga shalat tarawih sebagai penutup kegiatan SANLAT Duoliu di hari itu.

Acara ini terbukti sukses terlihat dengan antusiasme peserta dan tidak ada peserta yang meninggalkan kegiatan sampai dengan selesai. Sutrisno selaku ketua KMWYIT menyampaikan “Kegiatan semacam ini sangat dinanti oleh teman-teman KWMYIT dan efektif menjalin silaturrahim sesama umat muslim khususnya di Duoliu”.

Sanlat FORMMIT Selatan bersama MTYCIT Chiayi di toko Wiwi, Taiwan
Sanlat FORMMIT Selatan bersama MTYCIT Chiayi di toko Wiwi, Taiwan

Bertepatan dengan jam yang sama, di kota Chiayi juga dilangsungkan kegiatan SANLAT bersama teman-teman Majelis Ta’lim Yaasien Chiayi Indonesia Taiwan (MTYCIT). Kegiatan SANLAT Chiayi dimulai pukul 13.00 waktu Taiwan dan dibuka oleh sekjen KMIT, bapak Krismansyah. Materi yang disajikan, tidak kalah menarik dengan SANLAT Duolio.

Materi yang dipaparkan berupa “Ramadhan Bulan Insaf” oleh bapak Tri Noviantoro, Siroh Sahabat “Umar bin Khaththab” oleh bapak Krismansyah dan “Hikmah Puasa bagi Kesehatan” oleh Anggi L Wicaksana.

Kegiatan yang berlansung di Toko Wiwi Chiayi ini juga dilanjutkan dengan sesi buka puasa bersama dan shalat tarawih berjamaah. Berkesempatan dalam SANLAT Chiayi, Hendrik Sulistiawan sebagai ketua MTYCIT mengungkapkan “Semoga Alloh selalu memberikan kemudahan dan meridhoi usaha syiar Islam kita semuanya di bumi Formosa ini”. Kegiatan safari Da’i selama bulan Ramadhan ini akan terus digulirkan FORMMIT Selatan dengan menggandeng beberapa MIT terutama yang ada di Taiwan Selatan.  Kedepan, kegiatan-kegiatan serupa diharapkan dapat lebih digencarkan dan dijadikan agenda silaturrahim tahunan bagi lembaga dakwah Islam di Taiwan (Aksan).

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *