NewsReportase

Fommit Utada : Ramadhan Menikmati Proses-Proses Keimanan

Kontributor: Hanas Subakti – National Central University (FORMMIT Utara Dua)

S_6289427234761

Setiap yang dilakukan adalah proses menuju sesuatu, tindakan meningkatkan kebaikan, dan tingkah laku menguatkan spiritualitas. Ramadhan ialah semangat melewati sebuah jalan. Sebuah arah menuju kebaikan tertinggi dalam sebuah proses dan kemudian tindakan mempengaruhi hasil. Jika kita melakukan kebaikan, maka akan mendapatkan kebaikan.

Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan wilayah Utara Dua (FORMMIT UTADA) tentu saja tidak mau kehilangan momen Ramadhan yang selalu ditunggu umat Islam di seluruh dunia. Sama seperti halnya umat Islam di wilayah lain, FORMMIT UTADA juga menyelenggarakan berbagai kegiatan Ramadhan dari mulai kajian, buka bersama, salat berjamaah hingga i’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Semua aktivitas diselenggarakan dengan tujuan untuk menghidupkan semarak Ramadhan serta menjaga keimanan agar sahabat muslim sekalian senantiasa teringat pada Rabb kita Allah SWT.

Seperti halnya menyambut seseorang yang kita tunggu-tunggu, FORMMIT UTADA turut menyambut datangnya Ramadhan dengan penuh kegembiraan. Hampir setiap harinya selalu diadakan kajian Inspirational Ramadhan yang dilanjutkan dengan buka bersama dan sholat berjamaah. Suasana sholat berjamaah khususnya shalat tarawih juga terasa cukup berwarna, karena imam selalu dijadwal bergantian setiap harinya, mulai dari Pakistan, Mesir, Arab Saudi, India, dll. Pergantian imam ini dapat meningkatkan rasa kekeluargaan antar muslim sekaligus mempererat tali silaturrahmi. Dalam beberapa kali kesempatan, sholat tarawih tidak hanya diselenggarakan di mushola-mushola kampus saja, pengurus FORMMIT UTADA juga melaksanakan kajian sekaligus buka bersama dan sholat berjamaah di masjid lokal seperti Longgang dan Daan Grand Mosque. Khususnya, di sepuluh hari terakhir, diselenggarakan kegiatan khataman Qur’an dan kegiatan i’tikaf bersama dengan warga muslim Taiwan.

S_6289428265136 S_6289427633189
S_6289427977937 S_6289426725210

Tidak hanya melibatkan ustadz di wilayah sekitar, tetapi beberapa kajian juga disampaikan oleh ustadz yang berasal dari belahan Taiwan Utara, Tengah dan Selatan. Bahkan dengan dukungan dari berbagai lembaga, beberapa kajian juga mengundang Ustadz dari Indonesia, seperti Ustad Agus Purwanto (DAI PKPU), Ustad Badruzzaman dari Ummi Foundation Malang, dsb. Dengan semakin seringnya dilakukan kajian pengisi rohani diharapkan ke depannya akan semakin meningkatkan pengetahuan agama sekaligus meningkatkan syiar Islam. Bersama dengan PKPU. FORMMIT UTADA juga membantu penerimaan zakat bagi sahabat muslim yang ingin menyalurkan zakatnya sebagai pelengkap rukun Islam.

Suasana Ramadhan di luar negeri memberikan kesan berbeda, karena kita berkesempatan merasakan budaya berbeda dari sahabat muslim dari berbagai negara. Harapan kedepan, semoga kita dapat berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan sembari menunggunya dengan terus berupaya memperbaiki diri. Karena sejatinya, Ramadhan adalah waktu di dalam proses meningkatkan dan menguatkan keimanan di bulan selanjutya.

Berikut liputan kemeriahan persiapan menjelang buka puasa di salah satu  Kampus di wilayah FORMMIT UTADA:

Dok : FORMMIT UTADA
Video : Hanas Subakti

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *