Science & Tech.

Berjalan Lima Menit di Taman, Dapat Mengubah Diri Kita

Surat kabar The Independent pada hari Minggu (9/5) telah mengutip sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh profesor psikologi di University of Manchester, David Holmes, bekerjasama dengan Asosiasi Pemilik Perkebunan, bahwa mekarnya bunga-bunga itu disebabkan oleh cuaca hangat di sepanjang hari. Dan ternyata faktor-faktor inilah yang dapat menyebabkan perubahan hormon pada manusia.

Profesor Holmes mengatakan bahwa hormon melatonin dapat membangkitkan manusia dari kemalasan  dan juga dapat memperbaiki suasana hati.

Menurut hasil penelitian Professor Jules Pretty dari Universitas Essex yang diterbitkan dalam jurnal Lingkungan Sains dan Teknologi oleh American Chemical Society, bahwa salah satu manfaat dari melihat tumbuhan adalah dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Telah diungkap juga oleh sebuah penelitian yang bertajuk “Dosis Alam”, yang meneliti sekitar 250 orang dari berbagai usia, bahwa suasana hati dan harga diri seseorang dapat meningkat secara signifikan ketika berhubungan dengan alam, baik itu dilakukan dengan berjalan di taman dan kebun, atau dengan bersepeda santai di daerah pedesaan.

Pretty mengatakan bahwa suasana hati dan harga diri seseorang merupakan indikator kesehatan mental yang baik, yang berpengaruh juga terhadap kesehatan fisik.

Dari penelitian-penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan hijau yang ada di pedesaan lebih baik daripada lingkungan perkotaan, terutama dalam hal dampak positifnya terhadap tekanan darah, hormon, dan tingkat stres dalam diri manusia.

Penelitian juga menunjukkan bahwa untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari interaksi dengan sifat hijaunya alam ini, dapat dilakukan minimal selama lima menit. Dengan berjalan selama lima menit pertama di taman yang hijau, sudah dapat mengubah suasana hati.

Sumber: Hidayatullah.com

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *