Muslimah Corner

Berhias dengan Akhlak Mulia

3) Bisakah Anda tawadhu’ (merendahkan diri) di hadapan saudara Anda?

Padahal Allah Subhana wa Ta’ala berfirman, yang artinya: “Dan rendahkanlah dirimu di hadapan orang-orang yang mengikutimu dari orang-orang yang beriman.” (Asy Syu’ara: 215).

4) Bisakah Anda menahan marah ketika melihat kekurangan pada diri saudara Anda? Padahal telah datang seseorang kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam lalu mengatakan: “Wahai Rasulullah!! Nasehatilah Aku”. Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Janganlah kamu marah.” Orang tersebut mengulangi (pertanyaannya), Rasulullah tetap mengatakan: “Janganlah kamu marah”. (HR. Al Bukhari).

Bisakah Anda menjadi orang pemaaf ketika saudaramu bersalah dan berkeinginan untuk meminta maaf? Allah Subhana wa Ta’ala berfirman, yang artinya: “Jadilah engkau pemaaf dan serulah kepada kebajikan dan berpalinglah dari orang-orang jahil.” ( Al A’raf: 199).

5) Bisakah Anda menebarkan salam dan tersenyum di hadapan saudaramu?

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :
حَقُّ المُسْلِمِ عَلَى المُسْلِمِ خَمْسٌ : رَدُّ السَّلاََمِِ وَعِيَادَةُ المَِريْضِ وَاتِّبَاعُ الجَنَائِزِ وَإِجَابَةُ الدَّعْوَةِ وَ تَشمِيْتُ العَاطِشِ
“Hak orang muslim terhadap muslim lainnya ada lima: Menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengantar jenazah, menjawab undangan dan menjawab orang yang bersin.” (Muttafaqun ‘Alaihi).

6) Bisakah Anda lemah lembut di hadapan saudaramu?

Padahal Allah Subhana wa Ta’ala berfirman, yang artinya: “Maka dengan rahmat Allah-lah kamu menjadi lemah lembut kepada mereka dan jika kamu berlaku kasar terhadap mereka niscaya mereka akan menyingkir dari sisimu.” (Ali Imran: 159)

7) Pernahkah anda sadar membaca Bismillah ketika ingin makan dan minum?

Sadarkah pula bahwa makan dan minum dengan tangan kanan adalah wajib, sementara dengan tangan kiri adalah haram? Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :
يَا غُلاَمُ سَمِّ اللهَ وَكُلْ بِيَمِيْنِك وَ كُلْ مِمَّا يَلِيْك
“Hai anak, bacalah Bismillah dan makanlah dengan tangan kanan dan makanlah yang ada di sekitarmu.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

8) Dan pernahkah anda sadar bahwa makan dan minum dengan tangan kiri adalah cara syaitan?

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda:
فَإِنَّ الشَّيْطانَ كَان يَأْكُلُ وَيَشْرَبُ بِالشِّمَالِ
“Maka sesungguhnya syaitan makan dan minum dengan tangan kiri.” (HR. Muslim).

(Apakah Anda) masuk ke dalam rumah dengan mengucapkan salam? Allah berfirman, yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman janganlah kalian masuk ke dalam rumah-rumah yang bukan rumah kalian sehingga kalian meminta izin dan mengucapkan salam atas penghuninya.” (An Nuur: 27).


9) Sayangkah Anda kepada saudaramu sesama muslim?

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda:
مَنْ لاَ يَرْحَمُ النَّاسَ لاَ يَرْحَمُهُ اللهَُ
“Barang siapa yang tidak menyayangi manusia maka Allah tidak akan menyayanginya. ” (HR. Muslim) Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan sebagian dari akhlak yang harus diperhatikan seorang muslim di dalam hidup bermasyarakat.

Penulis : Ustadz Qomar Suaidi, Lc

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *