Events

Aa Gym Mencerahkan Ribuan Muslim Indonesia di Taiwan

Taiwan bagaikan kebanjiran ulama. Hampir setiap bulan, Keluarga Muslim Indonesia di Taiwan (KMIT) dan organisasi-organisasi di bawah naungan KMIT (MTYT, FOSMIT, IMIT, FKKBWIT, MTYCIT, IWAMIT) rutin menyelenggarakan acara Tabligh Akbar mengundang ulama-ulama besar dari Indonesia. Sebut saja Ustad Yusuf Mansyur, Ustad Habiburrahman el Sirazy, Ustad Jefri Al Bukhori, Ustad Sauqi dan sederetan ustad lainnya pernah mengisi Tabligh Akbar bersama KMIT. Kali ini FOSMIT yang berkedudukan di kota Zhongli kembali mengemban tugas sebagai tuan rumah penyelenggara acara. Acara yang dihadiri lebih dari 1000 orang peserta dari kalangan TKI, TKW, dan mahasiswa ini berlangsung sangat meriah dengan menghadirkan Ustad Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym sebagai penceramah utama.

Tabligh akbar dimulai pagi hari sampai sore hari dan dikemas sangat menarik. Ruangan sudah dipenuhi peserta. Sesi pagi, tiap MIT dari tiap wilayah mendapat kesempatan menampilkan kemampuan seni mereka mulai dari band, qosidah, sampai drama dari tuan rumah. Tak ketinggalan FORMMIT (Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan) pun ikut ambil bagian dengan menampilkan tim Nasyid dan tim angklung yang unik untuk meramaikan acara. Hal menarik lainnya adalah penampilan dari kelompok pengajian VIBO (pengajian via telepon) mengajak penonton berdiri dan bersholawat bersama.


Masuk pada acara utama, setelah jeda istirahat, sholat dan makan, acara dibuka kembali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an dan sari tilawah, pemberian penghargaan dan dilanjut dengan ceramah dari Aa Gym. Peserta bertambah banyak memenuhi ruangan. Aa Gym menyapa peserta dengan sangat ramah. Peserta pun sangat gembira dengan kehadiran Aa Gym yang telah dinanti-nantikan.

Ciri khas beliau dalam berceramah tetap melekat. 5 resep menhadapi masalah beliau sampaikan dengan penuh semangat. Siap menerima kesesuaian dan siap menerima ketidak sesuaian, ridho disertai usaha lainnya, tidak mempersulit diri, menyandarkan diri hanya pada Allah, dan tobat adalah resepnya. Penyampaian materi ini menjadi semakin mudah dimengerti oleh peserta karena Aa Gym memberikan contoh-contoh dan menyelipkan guyonan segar yang membuat peserta tertawa.

Dalam ceramahnya, Aa Gym menyampaikan bahwa musibah yang kita dapat belum tentu musibah, bisa saja merupakan jalan bertemunya rezeki yang harus kita lalui terlebih dahulu. Berprasangka baiklah dan berdoalah kepada Allah yang Maha Kaya. Aa juga mengingatkan untuk menjaga sholat kita, seberat apapun rintangannya, insyaAllah ada jalan. Tips dari Aa Gym bagi TKW dan TKI untuk tetap mendirikan sholat, jika majikan takut dengan warna putih, pakailah mukena yang berwarna lain asalkan menutup aurat. Cari-cari lah waktu untuk sholat. Jaga wudhu kita ketika bekerja sehingga ketika ada waktu senggang sedikit, kita bisa langsung sholat. Allah mengetahui kondisi umatNya.

LOGO FORMMIT.jpgDiakhir acara, Aa Gym memimpin muhasabah dan doa. Muhasabah melihat dan mengevaluasi dosa-dosa yang telah kita perbuat dan mohon ampun kepada Allah. Semua peserta menangis, menambah haru suasana. Selesai sudah Tabligh Akbar bersama Aa Gym. Acara bermanfaat dan sangat dibutuhkan muslim Indonesia di Taiwan. Semoga KMIT dan organisasi dibawah naungan KMIT tetap bisa menyuguhkan kegiatan bermanfaat seperti ini. Salam ukhuwah islamiyah untuk semua muslim di Taiwan dan di manapun berada. Allahu Akbar!.

 

LOGO FORMMIT.jpgBy: Ajeng Anggraeni-Media FORMMIT

Photographer: Hendri Ahmadian-Media FORMMIT

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *