19959227_1888427928149654_125627853792150987_n

YAKIN UDAH PADA TAU, SUNNAH KETIKA HARI RAYA IDUL ADHA?

Posted on Posted in Islamic Corner, Islamic Lectures

Islamic Corner Formmit

Assalammualaikum Akhi dan Ukhti Sobat IC di seluruh Taiwan. Jumpa lagi dengan (IC) Islamic Corner, semoga ikhwan dan akhwat sekalian selalu diberi kesehatan dan petunjuk oleh Allah SWT agar kita senantiasa mengikuti jalan kebenaran yaitu Islam yang diajarkan sesuai Al-Quran dan sunnah Rasullullah SAW.

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti, mimin IC mau tanya nih ke Sobat semua, kira-kira Sobat IC tahu tidak, kapan Idul Adha 1438 H tahun ini dilaksanakan? Jangan-jangan karena terlalu sibuk sama kuliah dan kerjaannya pada lupa nih kalau setelah ini kita akan berjumpa dengan Hari Raya Umat Muslim Kedua yang tentunya tidak kalah seru dari Hari Raya Idul Fitri.

Ya betul sekali, Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1438 H jatuh pada Hari Jumat, tanggal 1 September 2017. Kira-kira sudah pada siap-siap belum? Mulai dari persiapan puasa Hari Arafah, hewan qurban yang mau disembelih, atau bahkan Sobat IC ada yang sudah berangkat Haji tahun ini. Waaah mimin doakan semoga Hajinya mabrur ya. Oke, tidak usah berlama-lama lagi, kali ini IC akan sedikit membahas tentang dasar-dasar ayat dan hadis terkait dengan sunnah dan adab yang disyariatkan dalam pelaksanaan sholat Ied pada momen Idul Adha, diperhatikan dengan seksama ya.

1. Mengucapkan Takbir
Disunnahkan untuk takbiran pada Idul Adha sejak setelah Shubuh pada tanggal 9 Dzulhijjah hingga Ashar tanggal 13 Dzulhijjah. Takbiran Idul Adha ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Baik laki-laki maupun perempuan, dewasa maupun anak-anak, semua disunnahkan takbiran. Bahkan untuk takbir muthlak disunnahkan sejak tanggal 1 Dzulhijjah..

2. Mandi sebelum berangkat shalat Ied
Sebelum shalat Idul Adha, umat Islam disunnahkan untuk mandi terlebih dahulu. Mandi Idul Adha dilakukan seperti mandi besar, hanya niatnya yang berbeda, yakni niat mandi sunnah Idul Adha.

3. Memakai pakaian terbaik untuk shalat Id
Umat Islam disunnahkan untuk memakai pakaian terbaik yang dimilikinya untuk shalat Idul Adha. Yakni pakaian yang paling bagus dan cocok untuk shalat.

Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kami untuk memakai pakaian terbaik yang kami miliki pada dua hari raya” (HR. Hakim)

4. Memakai minyak wangi
Selain disunnahkan memakai pakaian terbaik, disunnahkan pula memakai minyak wangi khususnya saat menghadiri shalat Idul Adha. Sebagaimana lanjutan hadits tersebut:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kami untuk memakai pakaian terbaik yang kami miliki pada dua hari raya dan memakai minyak wangi” (HR. Hakim)

5. Makan setelah shalat Ied
Berbeda dengan shalat Idul Fitri yang disunnahkan untuk makan terlebih dahulu sebelum berangkat shalat Ied, pada Idul Adha disunnahkan makan setelah shalat Ied.

6. Berangkat shalat Idul Adha seawal mungkin
Disunnahkan untuk berangkat shalat Idul Adha seawal mungkin. Yakni setelah shalat Subuh, atau beberapa waktu setelah itu.

7. Menempuh jalan yang berbeda ketika pergi dan pulang shalat Ied
Disunnahkan untuk menempuh jalan yang berbeda antara pergi dan pulang shalat Idul Adha. Jadi ketika pergi ke lapangan melewati satu jalan, hendaknya pulangnya melalui jalan yang lain.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika shalat ‘Id, beliau lewat jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang.“ (HR. Al Bukhari)

8. Jalan kaki menuju tempat shalat Idul Adha
Jika memungkinkan, disunnahkan untuk berjalan kaki menuju lapangan tempat shalat Idul Adha sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat shalat ‘id dengan berjalan kaki, begitu pula ketika pulang dengan berjalan kaki.“ (HR. Ibnu Majah)

9. Mengajak serta wanita dan anak-anak
Sebagian ulama berpendapat bahwa shalat Idul Adha adalah wajib. Sedangkan mayoritasnya berpendapat hukumnya sunnah muakkad. Lepas dari perbedaan pendapat ini, Rasulullah memerintahkan wanita dan anak-anak untuk ikut serta shalat Id. Bagi wanita yang sedang haid, mereka tidak ikut shalat tetapi ikut mendengarkan khutbah dari tepi/pinggir lapangan tempat shalat.

10. Menyembelih qurban
Sunnah ini khusus pada Idul adha dan tidak ada di waktu yang lain. Yaitu disunnahkan untuk menyembelih hewan qurban pada Idul Adha (tanggal 10 dzulhijjah) setelah shalat Id, hingga hari tasyrik (tanggal 11-13 Dzulhijjah).

Berikut adalah prediksi lokasi-lokasi pengadaan sholat Ied di seluruh Taiwan :

MASJID AGUNG TAIPEI
TAIPEI GRAND MOSQUE FOUNDATION.  10650臺北市大安區新生南路二段62號. No. 62, Sec. 2 Taan District  Shinsheng S. Rd., Taipei,Taiwan R.O.C.

KDEI
114, Taipei City, Neihu District, Ruiguang Road, 550號

KEELUNG CITY
Alun alun pemerintahan kota Keelung No181 Shin Yi Road Chung Zheng District Keelung City.

TAIPEI TRAVEL PLAZA
[Dari stasiun Taipei arah selatan pintu 2 jalan arah depan 1~3 menit / Stasiun bawah tanah pintu keluar K 12]

MASJID AT-TAQWA
Alamat : No. 8-2 Zili first St. Dayuan District Taoyuan City, 337 (桃園市大園區自立一街8-2號), R.O.C. Taiwan

TAOYUAN
Rumah makan Ratna Sari  Jln.Yanping No 17 Taoyuan Taiwan Depan terminal bus atau belakang Stasiun kereta api.

XINDIAN
Toko Indo Royal Xindian 1F 88 Min Quan Road Xindian District.

MASJID LONGGANG CUNG LI CITY
No. 216, Longdong Road, Zhongli District, Taoyuan City, 32093

HSINCHU
Lokasi Terminal Bus  Jalan NanDa Road [南大路] belakang stasion KERETA HSINCU

TAINAN
No. 12, Alley 34, Lane 77, Section 3, Zhonghua East Road, East District, Tainan City, 70168.
Tainan City East District,北門路二段16號 / depan warung IndosuarA Bistro, Tainan

MASJID TAICHUNG
台中市南屯區大墩南路457號 Taichung, Taiwan 04 2473 251 No. 457, Dadun South Road, Nantun District, Taichung City, 40854

CHANGHUA
Lokasi : Area parkir [belakang Stasiun Changhua].

DOULIU
Douliu Base Ball Stadium No 320 sec 2 Mingde Nort Road Douliu City Yunlin County.640

MASJID KAOHSIUNG
高雄市苓雅區建軍路13號 Kaohsiung, Taiwan 07 749 6277.

PINGTUNG
Lapangan SD samping MIO besar depan toko Borobudur.

HUALIEN
Ji An Elementary school

TONGKANG
Di area pelelangan udang [Solaran] pelabuahan Tongkang.

Semoga pelaksanaan Ibadah solat Ied kali ini dapat kita laksanakan dengan sesuai sunnah dan penuh kekhusyukan ya Sobat. Sampai jumpa di Islamic Corner edisi berikutnya. Jazakumullah….

 

Editor :
Ainun Indra – Departemen Kajian Strategis (KaStrat) – Formmit Taiwan
29/08/2017

 

Sumber:
https://rumaysho.com/676-panduan-shalat-idul-fithri-dan-idul-adha.html
http://untukmu-ilmuku.blogspot.tw/2011/11/sunnah-dan-tata-cara-shalat-idul-adha.html
http://bersamadakwah.net/10-sunnah-idul-adha/

 

Please follow and like us:
0

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *