ntust 1

Ramadhan 1438 H, Bersama Menuju Takwa

Posted on Posted in Reportase

Oleh: Nur Hasanah
National Taiwan University of Science and Technology – FORMMIT UTARATU

Ramadhan adalah moment yang sangat tepat untuk menempa diri menjadi pribadi yang lebih baik. Sesuai surat Al Baqarah ayat 183, bulan Ramadhan adalah saat dimana umat muslim berusaha menjadi pribadi yang bertakwa.

FORMMIT Utara Satu menyambut bulan Ramadhan 1438 H dengan kajian bersama Ust. Agus Purwanto sekaligus launching kepengurusan periode 2017-2018. Ukhuwah dan pembinaan adalah dua fokusan yang diusung oleh FORMMIT Utara Satu periode ini. Sejalan dengan hal tersebut rangkaian kegiatan Ramadhan 1438 H dirancang untuk semakin merekatkan ukhuwah antar mahasiwa maupun stakeholder serta mengajak seluruh muslim di wilayah Utara Satu berjuang bersama menuju takwa.

Rangkaian kegiatan Ramadhan dimulai dengan kajian dan iftar pada 1 Ramadhan bersama Us. Agus Purwanto di National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) yang dihadiri oleh lebih dari 50 peserta dari berbagai universitas. Ust. Agus mengajak para peserta untuk lebih memahami ayat Al Quran mengenai puasa Ramadhan sebagai bekal menjalankan ibadah puasa. Antusiasme, keceriaan dan kehangatan begitu terasa di kegiatan buka puasa hari pertama ini.

Pada 15 ramadhan, giliran Taipei Medical University (TMU) menjadi tuan rumah kajian dan iftar yang bertemakan Menuju Masyarakat Muslim Madani bersama Ust. Sutarsis. Beliau menyampaiakan bahwa membangun masyarakat muslim madani dimulai dari diri sendiri, karena dalam diri kita sebagai mahasiswa terdapat tiga kompenen penting peradaban madani yakni cendekiawan, muda dan muslim.

Semarak Ramadhan tak hanya terpusat di kampus, kegiatan kajian dan iftar juga dilaksanakan di sekretariat Majelis Taklim Yasin Taipei (MTYT) yang dikemas dalam Pesantren Ramadhan setiap Ahad bada ashar. Kajian dan tarawih berjamaah dilaksanakan secara rutin di mushola At Taqwa Ruifang setiap Sabtu dan Ahad malam. Kegiatan ini menjadi momen berkumpul sekaligus belajar bagi para pekerja Indonesia di Taiwan. Selain itu, bersama dengan Formmit Utara Dua, juga dilakukan kunjungan ke Detention Center di daerah Hsinchu untuk memberikan semangat dan dukungan kepada saudara-saudara muslim para pekerja Indonesia di sana.

tgmSepuluh hari terakhir bulan ramadhan merupakan waktu yang sangat istimewa karena didalamnya terdapat malam Lailatul Qadar yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Pada sepuluh hari tersebut FORMMIT Utara Satu menyelenggarakan kajian menjelang buka puasa serta itikaf di Taipei Grand Mosque.

Perjuangan di sepuluh hari terakhir ini menjadi begitu terasa karena bertepatan dengan pekan ujian akhir semester serta wilayah Taipei yang diguyur hujan cukup lebat selama berhari-hari. Namun hal tersebut tak menyurutkan semangat para peserta untuk terus berlomba-lomba dalam kebaikan. Kajian itikaf ini disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris guna mengajak jamaah dari luar Indonesia turut bergabung dan belajar bersama. Materi disusun secara terstruktur mulai dari fiqih itikaf hingga melestarikan nilai-nilai Ramadhan dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan semua yang telah diraih selama bulan Ramadhan ini tak lekas luntur, namun bisa terus diterapkan dengan istiqamah.

Selain menyemarakkan ramadhan dengan kegiatan tholabul ilmi, Formmit Utara Satu juga berpartisipasi dalam memeriahkan rangkaian perayaan Idul Fitri 1438 H dengan menyelenggarakan program pemeriksaan kesehatan pada Ahad, 25 Juni 2017 (ba’da sholat Ied) bertempat di pelataran Taipei Main Station. Kegiatan pemeriksaan kesehatan dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan kepada sahabat muslim sekalian agar senantiasa peduli terhadap kondisi kesehatannya. Kegiatan ini diikuti tidak hanya sahabat pekerja Indonesia di Taiwan tetapi juga mahasiswa Indonesia maupun asing yang saat ini sedang melanjutkan studi di Taiwan.

Demikian, rangkaian kegiatan ramadhan yang diselenggarakan di wilayah Formmit Utara Satu. Semoga semua usaha yang telah dilakukan selama bulan Ramadhan ini berhasil membawa kita menuju takwa dan Allah SWT mempertemukan kita dengan bulan Ramadhan tahun berikutnya. Aamiin.

Dok.: Formmit Utaratu

 

Please follow and like us:
0

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *