EducationInspirationNews

Aku dan Waktuku

Assalamualaikum, sahabat  semua,, tak terasa bulan ramadhan telah usai dan bulan syawal pun akan meninggalkan kita, sebelum bulan Syawal ini pergi perkenankan kami mengucapkan minal aidin wal faizin , mohon maaf lahir dan batin semoga kita dipertemukan di ramadhan tahun depan, Amiin !!

“Waktu sebuah kata yang penuh makna, dengannya kita bisa mengisi berjuta cerita dalam hidup, dengannya juga kita bisa menjadi permata atau kita bisa bisa terkena sebilah pisau yang tajam jika kita tidak mampu bersahabat dengannya”

Seperti halnya sekarag, waktu liburan telah datang menyapa kita semua, pastinya sudah banyak rencana untuk mengisinya diantaranya mungkin ada yang pulang ke Indonesia, atau liburan bersama teman-temanya atau bahkan tidak sedikit yang bingung untuk mengisinya karena libur selama 3 bulan itu tidak sebentar tapi sangaat lama bukan.

Oke, buat yang masih bingung  bagaimana dan harus apa yang dilakukan untuk mengisi waktu liburan supaya bermanfaat, disini akan menemukan jawabannya, lets goo 😀

“Haii teman, Cara yang paling tepat dalam mengisi waktu luang itu adalah beribadah”

“Apa saya harus shalat dan dzikir terus?”

“Emangnya ibadah hanya itu?” 🙂

Ibadah itu banyak, namun kalau pun kita shalat dan dzikir, apa salahnya? Itu adalah ibadah yang memberikan manfaat luar biasa bagi kesuksesan kita di akhirat.

Tentu ibadah itu bukan hanya shalat dan dzikir, kita juga perlu melakukan aktivitas lainnya yang masih dalam rangka ibadah lainnya. Banyak pilihan yang bisa kita lakukan, tanpa meninggalkan ibadah fardhu. Banyak kasus, ingin mengisi waktu luang dengan hal positif seperti olah raga, namun shalat dilupakan, ini yang salah.

Nah disini ada bebrapa aktivitas yang mungkin bisa membantu mengisi waktu liburan kita tanpa mengganggu ibadah kita, aktivitas ini dinamakan Empat B:

Belajar

Liburan gini masih belajar ? waduuuh,, Kita belajar apa? Maleess laah,, 😀

Sebenarnya banyak yang harus dan bisa kita pelajari setiap saat, belajar tidak selalu berhubungan dengan buku dan bangku. Kita bisa belajar dari mana saja dan dengan siapa saja.Namun, jangan sampai kita hanya menghabiskan waktu untuk belajar sementara ilmu agama ketetaran. Keduanya harus kita pelajari dengan adil, dan niatkan selalu untuk beribadah.

Berlatih

Aktivitas lainnya yang bernilai tinggi adalah berlatih. Apa yang perlu dilatih? Silahkan lihat tujuan dan program yang di inginkan untuk menjadi yang terbaik. Salah satu berlatih yang sangat perlu di lakukan adalah melatih kesabaran karena kesabaran mudah untuk diucapkan tetapi sulit dilakukan.

Semakin banyak berlatih sabar akan semakin berkualitas diri kita. Bukankah ini cara mengisi waktu yang bernilai tinggi bukan? 😀

Bersilaturahmi

Mungkin kita sudah mengenal hadist ini:

Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.” (HR Muslim)

Ya, kita bisa mengisi waktu luang kita dengan bersilaturahim. Ini akan meluaskan rezeki kita. Namun jangan terjebak dengan kata kata silaturahmi, yang kita lakukan malah hanya ngobrol bahkan melakukan hal dosa. Niatkan dalam diri, bahwa kita berniat silaturahmi, yaitu memberikan kasih sayang dengan cara memberikan manfaat dunia akhirat. Bukan membawa orang lain kepada perbuatan tercela atau sebaliknya kita yang terbawa arus. 😀

Bersama Keluarga Tercinta

Keluarga adalah salah satu fondasi untuk keberhasilan dalam bidang apa pun. Maka, salah satu aktivitas yang penting ketika kita mempunyai waktu yang luang, isilah  kebersamaan dengan keluarga. Jangan dilupakan ini. Tak sedikit orang yang lebih mengutamakan teman untuk mengisi waktu luang, lebih memilih hobi seperti futsal dan memancing, namun jarang sekali bersama keluarga ini kurang baik. Memiliki hobi boleh boleh saja selama tidak melenakan dan tidak mengabaikan keluarga.

Jika kita mencari kedamaian dan kesenangan, mengapa tidak dilakukan bersama keluarga? 🙂

Semua kunci dari ke empat aktivitas ini adalah kita niatkan ikhlas karena Allah, Insya Allah ke empat aktivitas ini bisa  benilai ibadah. Banyak orang yang tidak punya waktu luang, maka buatlah waktu luang itu agar kitapun bisa merasakan manfaat luar biasa dari keempat aktivitas ini. Mudah-mudahan ini bisa menjadi panduan  untuk mengisi waktu kita semua.

Seiring dengan artikel ini, kami dari Tim Halal Hunter mau memberitahukan bahwa selama liburan ini kami akan berhenti sementara buat berbagi kepada sahabat semua, kami akan aktif kembali Insya Allah saat mahasiswa baru mulai masuk di bulan September , 🙂

Terimaksih sahabat semua, sampai jumpa dibulan depan,, 🙂

Wassalamualaikum wr.wb,

Lambang Formmit utaratu

Please follow and like us:
error0

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *