NCU-MC Feat Utada

Semarak Tarhib Ramadhan Bersama Formmit Utara Dua

Posted on Posted in Events, News

Taoyuan, Taiwan – Jumat, 20 Mei 2016, Forum Mahasiswa Muslim Indonesia Taiwan (Formmit) wilayah Utara Dua bersama NCU-MC (Muslim Club) menggelar kajian tarhib Ramadhan dengan tema “Ramadhan yang dirindu, Jangan-jangan Cintaku palsu” di Ruang Hijau G14, Dormitory Kampus National Central University, Jhongli. Acaranya dimulai dengan sholat Isya berjamaah, kemudian tilawah Al-qur’an, dan materi yang disampaikan oleh Ahmad Fauzan ‘Adziimaa (AFA).

NCU-MC Feat Utada
Ahmad Fauzan ‘Adziimaa menyampaikan materi di ruang G14, NCU

Dalam materinya AFA mengawali cerita bahwa, “seperti kita tahu, Nabi Muhammad saw hanya hidup selama 63 tahun di dunia. Umur yang sangat muda apabila kita bandingkan dengan usianya para Nabi terdahulu. Sehingga memunculkan beberepa pertanyaan dikalangan umat Nabi Muhammad, menggapa demikian? Bukankan ini tidak adil rasanya, disaat nabi lain dapat beribadah kepada Allah lebih lama selama hidupnya, sedangkan Nabi Muhammad dan ummatnya tidak.

Namun itulah islam, disamping singkatnya waktu untuk ummat Nabi Muhammad, terdapat pula beberapa keutamaan waktu yang hanya diberikan untuk ummat Nabi Muhammad. Allah telah memberikan beberapa keutamaan, diantaranya: Keutamaan tempat, terkait sholat 2 rakaat di Masjid Nabawi “Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom.” (HR. Bukhari no. 1190 dan Muslim no. 1394, dari Abu Hurairah) ; Keutamaan menikah, yang melipat gandakan setiap ibadah dalam hubungan keluarga ; Amal jariyah, yang tidak terputus, Sedekah Jariyah, Ilmu yang bermanfaat, dan do’a anak yang sholeh: Keutamaan waktu: yaitu bulan Ramadhan, bulan yang terdapat 1000 bulan, bulan yang dilipat gandakannya amal.

 

Dalam menyambut Ramadhan, ada pula beberapa fenomena umat Islam dalam menyambut Ramadhan: ada golongan orang yang sedih: karena harus puasa, harus sholat terus-terusan, menggambarkan beratnya langkahnya untuk melakukan itu, golongan orang yang biasa-biasa saja ; puasa iya, enggak juga iya, tidak ada ekspresi dalam dirinya, dan Ada juga golongan yang senang; bisa jadi senang karena duniawi, banyak makan, banyak gratisan, diskon, dan bisa jadi senang karena orientasi Akhirat, yang inilah yang dimaksud dengan orang-orang yang merindukan Ramadhan sesungguhnya.

Beberapa hal yang dapat kita laksanakan untuk menyambut bulan suci Ramadhan adalah: Mempersiapkan amalan soleh pra Ramadhan, sebagai bentuk latihan kita, pemanasan, sehingga ketika dating Ramadhan kita sudah siap baik fisik maupun jasadiyah kita. Memperbanyak dan memperbarui taubat, agar Allah mudahkan kita dalam beribadah, dan Allah hapuskan debu-debu dosa yang kita lakukan. Menuliskan target ibadah saat dan setelah ramadhan, melakukan sesuatu tanpa perencanaan bagaikan merencakan kegagalan, maka hendak kita menuliskan, targetan-targetan amalan yang ingin kita lakukan nantinya, baik sebelum, pas dan setelah ramahdan. Mulai mendalami ilmu dan fiqih seputar Ramadhan, menjadi kunci dalam ibadah ketika kita melakukannya karena kepahaman kita, maka penting sekali kita memperdalam ilmu tentang Ramadhan, agar apa yang kita lakukan ada landasannya, ada ilmunya, tidak sekedar ikut-ikutan. Yang terakhir adalah Latihan bergembira menyambut Ramadhan, melapangkan hati kita, menggembirakan hati kita, sehingga lapang pula nantinya aktivitas yang kita lakukan, penuh dengan ke ikhlasan kepada Allah swt.

Banyak lagi sebenarnya poin-poin yang disampaikan dalam menyambut Ramadhan, dan dalam diskusinya juga terlihat banyak peserta yang semangat bertanya, dan berdiskusi seputar Ramadhan sendiri, jadi mari sama-sama kita mempersiapkan Ramadhan kita, membersihkan hati-hati kita, melatih Ibadah, dan yang paling penting kalau masih ada hutang puasa Ramadhan tahun lalu segera dibayarkan. Semoga Ramadhan ini adalah Ramadhan terbaik kita dibandingkan Ramadhan sebelumnya, dan semoga Allah swt izinkan kita bertemu dengan Ramadhan, Aamiin. Wassalam. (Nisa, PSDM Utada)

Please follow and like us:
0

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *