EventsIslam in TaiwanNews

Tarhib Ramadhan FORMMIT Selatan

Setelah memposting reportase tarhib Ramadhan wilayah Utaratu, kali ini giliran wilayah Selatan. Tarhib Ramadhan yang dihadiri sejumlah mahasiswa dan warga Indonesia di Taiwan bagian selatan ini berlangsung hikmat namun seru. Langsung saja kita simak reportasenya.

g

FORMMIT Selatan – Sesuatu yang dinanti-nanti pasti akan mendatangkan kebahagiaan, begitu pula sesuatu yang akan mendatangkan kebahagiaan pasti selalu dinantikan kehadirannya. Tak terasa beberapa hari lagi kita akan kedatangan tamu istimewa, bukan seseorang yang menduduki jabatan penting, bukan juga ‘idola’ kaum remaja namun lebih dari itu, apabila kita dengan suka cita menyambut kedatangannya karena iman kepada Allah, maka kebahagiaan yang bahkan belum pernah diperoleh akan diperoleh saat datangnya tamu istimewa ini.

Bulan suci Ramadhan, inilah tamu istimewa kita yang sebentar lagi akan datang kepada kita umat Islam sebagai pembersih sekaligus membawa perintah berpuasa selama satu bulan penuh. Andai kita mengetahui keutamaan bulan Ramadhan, tentu kita menginginkan dipertemukan terus dengan bulan ini sebagaimana hadist Nabi, “Seandainya umatku tahu keutamaan bulan puasa, tentu mereka akan meminta supaya bulan yang ada dijadikan puasa selamanya.. “(Ibnu Majah).

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, salah satunya dengan mengadakan tarhib Ramadhan. Tarhib Ramadhan sudah menjadi agenda rutin yang diadakan oleh rekan-rekan muslim di Taiwan. Meskipun keberadaan masjid di Taiwan sangat terbatas, namun hal ini tidak menyurutkan semangat untuk menyambut datangnya Ramadhan dengan kegiatan tarhib. Pada tahun 2013, tarhib Ramadhan kembali diadakan di beberapa wilayah di Taiwan seperti Chiayi dan Tainan dengan kerjasama Forum Keluarga Muslim Indonesia di Taiwan (KMIT) dan Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan (FORMMIT).

Acara tarhib Ramadhan berlangsung pada hari Sabtu (29 Juni 2013) di Mushola Al Iman, Chiayi dan hari Ahad (30 Juni 2013) di toko Hi Indo, Tainan. Kegiatan tarhib di wilayah Chiayi terselenggara atas kerjasama dengan MTYCIT yang dikoordinasi Mas Faddil dan dihadiri pula oleh Presiden FORMMIT (dr. Wira), Sekjen KMIT (Bapak Krismansyah), Gubernur FORMMIT Selatan (Arman), dan Bapak Muhammad Rifa’i serta anggota FORMMIT Chiayi. Tidak kurang dari 30 orang menghadiri acara ini. Sedangkan tarhib di wilayah Tainan terselenggara atas kerjasama dengan toko Hi Indo dan dihadiri oleh perwakilan FORMMIT Chiayi, anggota FORMMIT Tainan dan BMI Tainan. Kegiatan tarhib Ramadhan ini sendiri bertajuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

1006243_387237984739372_383785702_n
Presiden FORMMIT memberikan sambutan
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Peserta Tarhib Ramadhan
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Peserta Tarhib Ramadhan

 

Bapak Muhammad Rifa’i, selaku pengisi tausiah tarhib di Chiayi memberikan penjelasan mengenai kegembiraan menyambut datangnya Ramadhan. Dalam tausiahnya, beliau menyampaikan bahwa kegembiraan menyambut Ramadhan bukan kebahagiaan yang biasa semata, namun kebahagiaan yang tinggi nilainya dan dapat dirasakan jiwa disebabkan kebahagiaan itu didasari adanya iman dan ilmu. Dengan iman dan ilmu, bulan Ramadhan akan disambut dengan suka cita seperti kedatangan tamu yang sangat istimewa. Orang yang beriman yang senang akan datangnya Ramadhan akan dibersihkan ruhiyahnya dan diangkat derajatnya. Dengan keimanan ini pulalah hati akan menerima perintah puasa dengan keikhlasan dengan mengharap ridha Allah.

Bapak Ahmad Asiandi, selaku pengisi tausiah tarhib di Tainan memberikan penjelasan mengenai ilmu astronomi bulan dalam penentuan penanggalan bulan Qomariah. Beliau begitu antusias menjelaskan posisi bulan pada tiap waktu berdasarkan media yang beliau buat. Meskipun banyak yang tidak paham mengenai ilmu astronomi, namun pendengar tampak senang dan diselingi candaan selama tausiah berlangsung.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Bapak Ahmad Asiandi berbagi ilmu mengenai ilmu astronomi bulan dalam penentuan penanggalan bulan Qomariyah
l
Bapak Ahmad Asiandi berbagi ilmu mengenai ilmu astronomi bulan dalam penentuan penanggalan bulan Qomariyah
DSC_0113
Peserta Tarhib nampak antusias mendengarkan tausiyah
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Peserta Tarhib nampak antusias mendengarkan tausiyah

Semoga dengan kegiatan ini kita bisa lebih bersemangat dalam menjalankan puasa meskipun jauh dari rumah. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1434 Hijriah.

DSC_0122
“Marhaban Yaa Ramadhan” dari keluarga besar FORMMIT Selatan

 

 

 

 

 

Please follow and like us:
error0

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *