Letter of Statement

PERNYATAAN SIKAP Atas Penyerangan Israel terhadap Kapal Kemanusian ke GAZA

Bismillahirrohmanirrohim

PERNYATAAN SIKAP

Atas Penyerangan Israel terhadap Kapal Kemanusian ke GAZA

Israel melakukan penyerangan terhadap kapal Mavi Marmara yang membawa misi bantuan kemanusiaan dari dunia internasional ke Jalur Gaza, Palestina pada 31 Mei 2010. Misi kemanusiaan itu membawa 10,000 ton bantuan kemanusiaan untuk rakyat Gaza yang saat ini sangat menderita akibat blokade Israel sejak Januari 2009. Ikut serta dalam misi kemanusiaan itu 700 aktivis internasional diantaranya dari United States, Britain, Australia, Greece, Canada, Malaysia, Indonesia, Algeria, Serbia, Belgium, Ireland, Norway, Sweden and Kuwait.

Tindakan Israel yang menyergap dan melakukan aksi kekerasan terhadap konvoi bantuan kemanusiaan ke Gaza merupakan perilaku di luar sifat kemanusiaan. Sedikitnya 19 orang telah meninggal dan puluhan lainnya luka-luka akibat penyerangan ini. Aksi penyerangan Israel terhadap kapal Mavi Marmara jelas-jelas ilegal karena dilakukan di perairan internasional, 65 mil lepas pantai Gaza.  Aksi penyerangan tersebut menunjukkan bahwa Israel kembali menciptakan hambatan terhadap proses perdamaian di Timur Tengah.

Berkaitan dengan penyerangan ini kami, Forum Mahasiswa Indonesia di Taiwan (FORMMIT), menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Penyergapan dan penyerangan ini adalah bentuk terorisme yang melanggar HAM dan juga hukum internasional.

2. Mendesak PBB untuk menggelar investigasi penuh terkait serangan Israel ke kapal bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza.

3. Israel harus diajukan ke Mahkamah Internasional atas tindakan terorisme karena menyerang kapal bantuan kemanusiaan “Mavi Marmara”.

4. Mendesak pemerintahan Indonesia yang termasuk korban “terorisme Israel” untuk berjuang menegakkan harga diri bangsa dengan membawa kasus itu ke Mahkamah Internasional.”

5. Menyerukan umat Islam Internasional untuk terus mendukung kemerdekaan bangsa Palestina.

6. Menyerukan umat Islam Internasional untuk melaksanakan sholat ghoib dan doa untuk para mujahidin yang telah rela menyumbangkan nyawanya untuk kebebasan palestina.

Demikianlah pernyataan sikap ini dibuat semoga Allah membantu hamba-Nya yang berjuang di jalan-Nya. Amin. Allahu Akbar walillahil hamd.

Taipei, Senin  17 Jumadil Akhir 1431 H (31 Mei 2010 M)

 

Presiden FORMMIT                                                               Sekjen FORMMIT

 

Agus Andria                                                                            Maryono

 

Please follow and like us:
error0

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *